Di Depan Para Kepala Desa, Jokowi Janji Terus Tambah Dana Desa

PERISTIWA | 10 April 2019 18:14 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berjanji menambah anggaran dana desa. Janji itu disampaikan langsung di depan ribuan kepala desa dalam acara pengarahan Presiden RI kepada Silaturahmi Nasional Pemerintahan Desa Se-Indonesia di Tenis Indoor, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (10/4).

"Akan terus kita tingkatkan (dana desa) setiap tahunnya," kata Jokowi di lokasi, Rabu (10/4).

Selain ditingkatkan, Jokowi juga ingin dana desa bisa digunakan tepat sasaran sesuai kebutuhan desa. Kepala Negara berharap, ke depannya dana tersebut tidak hanya digunakan membangun infrastruktur tetapi juga pembangunan sumber daya manusia.

"Ke depan mulai sedikit digeser ke hal yang berkaitan ekonomi dan inovasi, kalau ada produk lokal di desa yang punya keunggulan, di situ diberikan suntikan agar mempunyai produk kualitas, daya saing, masuk ke kota, masuk ke tingkat nasional," ungkapnya.

Dia juga menyarankan ada produk-produk desa bisa memiliki tampilan yang lebih baik. Sehingga bisa menembus pasar luar negeri.

"Kemasan ya baik, diberi label baik, merek baik, ada brand baik, angkat produk nasional. Namanya online market place sehingga bisa dikenakan tingkat nasional. Kalau sudah nasional, dibawa ke global," ucapnya.

Produk di desa pada dasarnya sudah memiliki kualitas yang baik. Namun, Jokowi yakin kualitasnya bisa ditingkatkan dan merambah dunia nasional dan internasional.

"Ini ke depan mulai dipikirkan ke arah situ, banyak sekali, produk di desa memiliki keunggulan belum bisa diangkat karena urusan kecil," ucapnya. (mdk/noe)

Baca juga:
Jokowi Pertimbangkan Pengadaan Dana Operasional untuk Kepala Desa
Presiden Jokowi Hadiri Silahturahmi Nasional Pemerintah Desa se-Indonesia
Kerja Sama dengan Kejagung, Kemendes Yakin Dana Desa Makin Optimal
Kemendes PDTT Ingatkan Agar Dana Desa Tidak Mengendap Lebih Dari 7 Hari
Berdalih Pengobatan Istri, Kepala Desa di Gowa Catut Dana Desa & Uang Makan Anak Buah
Embat Dana Desa, Kades dan Suaminya Diganjar 1 Tahun Penjara

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.