Di HUT Bhayangkara Ke-73, Jokowi Minta Polri Perkuat Kerja Sama dengan TNI

Di HUT Bhayangkara Ke-73, Jokowi Minta Polri Perkuat Kerja Sama dengan TNI
PERISTIWA | 10 Juli 2019 09:04 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-73 di halaman Monas, Jakarta Pusat, Kamis (10/6). Dia hadir didampingi ibu negara, Iriana, serta Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istrinya Mufidah Jusuf Kalla.

Dalam sambutannya Jokowi mengapresiasi kinerja polisi mulai dari mengungkapkan berbagai kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, terorisme, hingga kejahatan terhadap kekayaan negara.

Jokowi juga memberikan beberapa instruksi kepada Polri agar terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk menghadapi terwujudnya Indonesia Emas 2045.

"Pertama terus tingkatkan sumber daya manusia Polri," kata Jokowi saat memberikan sambutan di hadapan para peserta upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-73 di halaman Monas, Jakarta Pusat, Rabu (10/6).

Dia juga meminta pihak kepolisian agar mengedepankan strategi pemolisian proaktif. Serta melakukan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

"Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan," lanjut Jokowi.

Lalu, mantan Wali Kota Solo itu meminta agar Polri meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum. Tujuannya untuk mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan dan berkeadilan.

"Tingkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum, serta memberikan rasa adil kepada masyarakat," ujarnya.

Kemudian, Jokowi juga meminta kepada Polri untuk bisa bekerja sama dengan TNI, kementerian/lembaga hingga pemerintah daerah dan masyarakat.

"Perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri," tutupnya.

Diketahui dalam acara tersebut dihadiri juga Wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin, Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 Hamza Haz, serta jajaran menteri kabinet kerja. (mdk/fik)

Baca juga:
Jokowi Jadi Inspektur Upacara HUT Bhayangkara
Reaksi Anak-anak Saat Ikut Sunatan Massal Gratis
Kontras Catat 57 Kasus Penyiksaan yang Dilakukan Anggota Polri
HUT ke-73, Polri Diminta Tak Ragu Berantas Terorisme, Narkoba dan Hoaks
Kontras: Polri Lakukan 643 Tindak Kekerasan Satu Tahun Terakhir
Lahir 1 Juli, Warga Depok Ramai-Ramai Bikin SIM Gratis

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami