Di Sidang Tahunan, Ketua DPR Minta Pemerintah Beri Perhatian Atas Pelanggaran HAM

PERISTIWA | 16 Agustus 2019 14:44 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet meminta Pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap penyelesaian kasus pelanggaran HAM. Sebab, berdasarkan laporan Komnas HAM, belum ada kemajuan signifikan dari penyelesaian pelanggaran HAM.

"Pada akhir periode ini DPR juga meminta Pemerintah untuk memberikan perhatian terhadap penyelesaian kasus pelanggaran HAM," kata Bamsoet dalam Sidang Tahunan MPR, DPR dan DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

Selain itu, dia menilai aduan-aduan atas kasus-kasus pelanggaran HAM juga kurang mendapat respons dari penegak hukum atau pemerintah.

"Demikian juga dengan penuntasan kasus pelanggaran HAM berat. Tidak ada satupun perkara pelanggaran HAM berat yang dituntaskan dalam masa pemerintahan 2014-2019," tegas dia.

Dalam pidatonya, Politikus Partai Golkar ini juga mengklaim kinerja DPR sudah sesuai target. Dia berharap, panja dan tim-tim pengawas DPR dapat menyelesaikan tugasnya demi mengontrol dan memberikan masukan kepada pemerintah.

"Kinerja DPR di bidang pengawasan sampai saat ini telah berjalan maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan sikap responsif DPR terhadap hasil temuan panja yang dibentuk oleh Alat Kelengkapan Dewan, Tim Pemantau, maupun Tim Pengawas DPR RI. Seluruh panja dan tim yang dibentuk oleh DPR diharapkan dapat segera menyelesaikan tugasnya," tandas Bamsoet.

Baca juga:
Gaya Jokowi Kenakan Pakaian Adat Suku Sasak Saat Pidato Kenegaraan
Mobil Terjebak Macet, Sandiaga Jalan Kaki Hadiri Sidang Tahunan MPR
Jokowi: Tolak Ukur dan Keberhasilan Penegakan Hukum Bukan Dilihat dari Jumlah Kasus
Saat Jokowi Menunduk Beri Hormat Pada Seluruh Anggota Dewan
Jokowi Minta Regulasi Perlindungan Data Pribadi: Tidak Boleh Ada Kompromi

(mdk/ray)