Di Tahanan, Idrus Marham Tulis Buku Kajian Keislaman

Di Tahanan, Idrus Marham Tulis Buku Kajian Keislaman
PERISTIWA | 28 Maret 2019 15:13 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Terdakwa kasus suap proyek PLTU Riau-1, Idrus Marham menjalani sidang lanjutan dengan agenda pembacaan nota pembelaan atau pledoi, Kamis (28/3). Di hadapan majelis hakim, Idrus memaparkan berbagai pencapaiannya selama delapan bulan menjabat Menteri Sosial.

Dalam kesempatan itu, Idrus juga menyebutkan selama ditahan di Rutan Pomdam Jaya Guntur, dia juga menulis sebuah buku bertema kajian keislaman.

"Dan alhamdulillah, saya sudah membuat buku 15 buah. Terakhir, ketika saya dalam tahanan, saya membuat satu buku dengan judul Membangun Ghirah; Kajian Keislaman," kata dia di hadapan majelis hakim di Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat.

Buku Membangun Ghirah ini merupakan kumpulan materi yang dibahas dan disampaikan Idrus saat mengisi kajian di Masjid At Taubah, Guntur. "Ini yang saya berikan saat ceramah-ceramah di masjid sana dan itu saya bagikan buku itu sebagai warisan ilmiah. Dan saya terbitkan. Jadi ada 15 judul (buku saya)," kata Idrus.

Ghirah bermakna semangat atau keinginan yang tinggi untuk kembali pada ajaran agama, menjaga marwah agama, dengan terus belajar dan berikhtiar menjadi pribadi yang bermartabat dalam memperjuangkan keadilan, selaras dengan ajaran Islam sebagai rahmat bagi dunia. Buku ini pun kemudian dibagikan Idrus kepada peserta sidang yang hadir.

Selain memamerkan prestasi dan bukunya, Idrus juga mengklaim dia yang mempelopori debat presiden pada 2004 saat menjadi Ketua Umum KNPI. "Di republik ini orang harus tahu yang mempelopori debat presiden adalah KNPI ketika saya pimpin tahun 2004. Pada waktu itu kita hadapkan antara SBY, JK dengan Amien Rais," jelasnya.

"Kalau ada yang bangga dengan debat presiden, harus berterima kasih kepada idea makernya, dan siapa yang pertama kali mengadakan. Yang pertama kali mengadakan adalah KNPI pada zaman saya, saya sebagai Ketua Umum," pungkas mantan Sekjen Partai Golkar ini. (mdk/gil)

Baca juga:
Sampaikan Pledoi Tak Sesuai yang Tertulis, Idrus Marham Ditegur Hakim
Ekspresi Idrus Marham Dituntut 5 Tahun Penjara
Idrus Marham Minta Eni Saragih Siapkan USD 2 Juta Jatah proyek PLTU Riau-1
Idrus Marham Jalani Sidang Keterangan Terdakwa
Idrus Marham Prihatin Jadi Terdakwa Penerima Suap PLTU Riau-1: Saya Tak Terima Uang
Idrus Marham Harap Tuntutan Jaksa Seusai Fakta Persidangan
Idrus Marham Dituntut 5 Tahun Penjara

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami