Di Upacara Harlah Pancasila, Jokowi Sebut Kemiskinan Masih jadi Masalah Serius

PERISTIWA | 1 Juni 2019 12:42 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Dalam amanatnya, Jokowi mengatakan kemiskinan dan ketimpangan masih menjadi masalah serius di Tanah Air.

Namun, Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk tetap optimis. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini yakin pembangunan yang dilakukan pemerintah saat ini bisa menekan ketimpangan dan kemiskinan.

"Kita telah membangun infrastruktur yang mempersatukan kita, kita telah berhasil menurunkan angka kemiskinan, kita telah berhasil menurunkan ketimpangan," kata Jokowi di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6).

Jokowi juga menyebut Indonesia bisa mengendalikan diri di tengah gejolak ekonomi global yang tidak menentu. Itu ditandai dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia berada dalam posisi stabil, yakni 5,07 persen di triwulan I 2019.

Jokowi melanjutkan, ke depan pemerintah akan fokus membangun SDM yang kompetitif. Upaya ini bertujuan untuk menyejahterakan rakyat Indonesia sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa.

Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah, ini mengatakan membangun SDM tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja. Perlu keterlibatan pelbagai pihak, di antaranya ulama, tokoh agama, sekolah sampai perguruan tinggi.

"Pemerintah sangat mengharapkan peran serta dan dukungan semua komponen bangsa dari para ulama, tokoh agama, sekolah, madrasah, pesantren sampai perguruan tinggi. Dan dari budayawan, para budayawan dan profesional untuk ikut serta dalam akselerasi pembangunan SDM ini," ujarnya.

Jokowi memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pukul 08.00 WIB di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri. Jokowi didampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wapres ke-6 RI Try Sutrisno dan Wapres ke-11 RI Boediono.

Selain itu, ada Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menpan RB Syafruddin, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Mendikbud Muhadjir Effendi. Kemudian Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menkop dan UKM AAGN Puspayoga serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Sejumlah pimpinan lembaga dan tokoh masyarakat juga hadir dalam upacara ini. Mereka adalah Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Kepala BIN Budi Gunawan, Ketua Umum PBNU dan mantan Ketua MK Mahfud MD. (mdk/ray)

Baca juga:
Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Gedung Pancasila Kemenlu
Latar Belakang Jaksa Agung buat Jokowi Menurut Milenial
Wiranto Ingatkan Purnawirawan TNI Soal Sapta Marga dan Sumpah Prajurit
Presiden Jokowi Tinjau Stasiun Senen, Kejutkan Pemudik
Fahri Usul Jokowi Yakinkan Prabowo, Bertemu untuk Cari Solusi Masalah Bangsa

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.