Dianggap Merugikan, Spanduk Bergambar Rizieq di Semarang Dicopot

Dianggap Merugikan, Spanduk Bergambar Rizieq di Semarang Dicopot
Spanduk bergambar Rizieq di Semarang dicopot. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 21 November 2020 17:01 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Petugas Satpol PP Kota Semarang mencopot tiga spanduk bergambar Rizieq Shihab yang terpasang di wilayah kecamatan Semarang Utara, Sabtu (21/11). Pencopotan ini merupakan bentuk penegakan Perda Kota Semarang Nomor 4 Tahun 1999 tentang reklame.

"Ada tiga lokasi yang kami temukan spanduk HRS langsung kita tertibkan. Di antaranya Jalan Kolonel, Jalan Layur, dan Jalan Kakap. Ukuran rata-rata besar 3X4 meter, dan informasinya telah terpasang berhari-hari selain itu tidak berizin, dan merugikan pendapatan asli daerah," kata Kasatpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto di sela-sela razia.

Petugas sebelumnya telah menyisir seluruh luas jalan Kota Semarang. Dari hasil koordinasi TNI dan Polri, hanya wilayah Kecamatan Semarang Utara yang terdapat spanduk Rizieq Shihab.

"Kita terjun di dampingi TNI dan Polri. Jadi tidak ada unsur individu dalam kegiatan ini dan murni penegakkan aturan. Buktinya baliho ilegal kami tertibkan," jelasnya.

Fajar mengimbau masyarakat agar tidak kembali memasang spanduk bergambar Rizieq Shihab. "Kita minta masyarakat ikuti aturan pemerintah jadi yang baik taati aturan Perda," ungkapnya.

Kegiatan penyisiran tersebut bagian dari menciptakan Kota Semarang yang aman, tertib dan damai. Ke depan masyarakat jangan memasang spanduk tanpa izin.

"Kami TNI-Polri sudah capek mengurusi Covid-19 sejak Maret lalu, ini ada isu pasang-pasang baliho, kalau ada lagi pasti kami ambil," tegasnya.

Sementara Kapolsek Semarang Utara AKP Dani Kurniawan menuturkan, mendukung kegiatan Satpol PP Kota Semarang dalam menegakan perda.

"Kami berpesan kepada masyarakat untuk menyebarkan hal-hal yang baik-baik saja. Kita hanya dampingi pengamanan dalam kegiatan pencopotan spanduk tanpa izin," kata Dani Kurniawan. (mdk/cob)

Baca juga:
Ombudsman DKI Nilai Lebih Baik TNI dan Polri Bantu Dinkes Lacak Penyebaran Covid-19
Kemendagri Ungkap Alasan FPI Tak Lagi Ormas Terdaftar, Bukan Karena Ideologi
Ombudsman DKI Sebut TNI Copot Baliho Rizieq Berpotensi Maladministrasi
Ratusan Polisi dan Satpol PP di Palembang Copot Baliho Rizieq
Polda Jabar Jadwal Ulang Panggil Panitia Megamendung, Buka Peluang Periksa Rizieq

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami