Dicurhati Perajin, Sandiaga Bantu Selamatkan Usaha Batik Nyaris Gulung Tikar

Dicurhati Perajin, Sandiaga Bantu Selamatkan Usaha Batik Nyaris Gulung Tikar
Sandiaga Dialog dengan Perajin Batik Klaten. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 2 Juli 2022 02:37 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (1/7). Dalam kesempatan ini, Sandiaga mewujudkan impian perajin batik ecoprint dengan membeli peralatan pengembangan produksi.

Mulanya, Sandiaga melihat beragam pameran beragam produk ekonomi kreatif. Saat berada di mini galeri batik ecoprint, Sandiaga mendengar curahan hati dari Hastin yang merupakan perwakilan ibu-ibu PKK Desa Bugisan.

Hastin mengatakan ada sejumlah kendala dalam memproduksi batik ecoprint, seperti modal, bahan, dan peralatan. Sehingga beberapa masyarakat di antaranya tidak melanjutkan kegiatan produksi batik ecoprint tersebut.

"Tadinya 10 orang pak, karena ada yang kurang modal. Jadi proses produksi batik ecoprint ini kita butuh bahan-bahan, alat juga promosinya. Dan kami yang bertahan ini mandiri," kata Hastin kepada Sandiaga.

Mendengar itu, Sandiaga memberikan solusi untuk para perajin batik ecoprint tetap berproduksi dan terus berkembang.

"Tadi sudah disampaikan kebutuhannya. Alhamdulillah dalam waktu cukup singkat kita bisa mendapatkan kebutuhannya," ungkap Sandiaga.

Sandiaga langsung memberikan bantuan berupa peralatan produksi. Di antaranya mesin jahit, kompor gas, dan bantuan modal untuk membeli bahan-bahan.

Tidak hanya itu, dia juga akan bantu pasarkan produk kriya tersebut. Sandiaga menugaskan para perajin batik ecoprint untuk membuat 50 outer.

"Jadi saya langsung tugaskan untuk membuat 50 outer yang akan dibawa ke malam puncak 50 Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 yang akan dilakukan di Jakarta," lanjut Sandiaga.

"Akhirnya, mudah-mudahan ini awal kami yang selama ini jatuh bangun untuk produk kami. Sehingga kami bisa terus bangun dan terus maju. Terima kasih mas Menteri," sambung Hastin sembari terharu.

2 dari 2 halaman

Adapun kunjungan Sandiaga tersebut terkait program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Di mana Desa Wisata Bugisan Klaten masuk sebagai 50 desa/kampung wisata terbaik tahun ini.

Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing global, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Desa Wisata Bugisan ini memiliki banyak peninggalan purbakala, salah satunya Candi Plaosan. Kemegahan Candi Plaosan dengan stupa yang memadukan corak Hindu dan Budha menjadi daya tarik wisata domestik maupun mancanegara.

Nuansa alam pedesaan yang asri dan budaya masyarakat jawa, ramah tamah, serta kesenian budaya merupakan nilai-nilai yang dijunjung tinggi dan dilestarikan oleh warga masyarakat. (mdk/ray)

Baca juga:
Menparekraf Sandiaga Ajak Milenial Inovatif Garap Produk Minuman
Momen Haru Sandiaga Peluk Agus yang Hidupi Ayah Lumpuh hingga Beri Modal Usaha
Sandiaga Nilai Masyarakat Menunggu Sosok Capres dengan Konsep untuk Indonesia maju
Buka Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Kembangkan Desa Wisata
Sandiaga Kenalkan Program Bedakan ke UMKM untuk Bantu Desain Kemasan & Pemasaran

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini