Didampingi Megawati, Jokowi Hadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-58

PERISTIWA | 14 Agustus 2019 17:31 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menghadiri peringatan Hari Pramuka ke-58 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur Jakarta Timur, Rabu (14/8). Tak hanya itu, terlihat juga Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri.

Berdasarkan pantauan, Jokowi, Iriana dan Megawati tiba di lokasi pada pukul 16.30 WIB. Jokowi dan Iriana kompak mengenakan seragam pramuka berwarna cokelat, sementara Megawati menggunakan batik berwarna ungu.

Dalam kesempatan ini, Jokowi mendapat anugerah Lencana Tunas Kencana dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso alias Buwas.

Anugerah ini diberikan lantaran Jokowi telah selama lima tahun menjadi Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka.

Jokowi, kata Buwas, juga memberikan perhatian kepada gerakan pramuka. Tak hanya Jokowi, anugerah ini juga pernah diberikan kepada presiden sebelumnya, yaitu Soeharto, BJ. Habibie, Megawati, hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hadir dalam acara ini para menteri kabinet kerja antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Kemudian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Peringatan Hari Pramuka kali ini mengambil tema 'Gerakan Pramuka Bersama Segenap Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI'.

Tema tersebut diambil atas dasar keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa Indonesia.

Baca juga:
Presiden Jokowi Lepas Kontingen Pramuka ke Virginia
Presiden Jokowi Lepas Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia ke AS
Pramuka Ikut Atur Lalu Lintas di Jalur Mudik
Aksi Pramuka Bantu Pemudik di Pelabuhan Merak
Presiden Jokowi Lepas Kontingen Pramuka ke Virginia
Terkendala Bahasa dengan Australia, Timor Leste Ingin Kerjasama Pramuka dengan Bali
Kemah Revolusi di Landak Jadi Ajang Kumpul & Pembekalan Pramuka Sejati
Budi Waseso: Penunjukan SBY & Megawati Jadi Penasihat Pramuka Tidak Politis

(mdk/fik)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com