Diduga AC Meledak, Indomaret di Solo Terbakar

Diduga AC Meledak, Indomaret di Solo Terbakar
PERISTIWA | 10 Mei 2020 18:39 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Kebakaran hebat terjadi di salah satu gerai Indomaret, Jalan Agus Salim, Kelurahan Sondakan, Laweyan, Solo, Minggu (10/5) siang. Sejumlah mobil pemadaman kebakaran (damkar) berhasil memadamkan api setelah dua jam kemudian. Namun sayang seisi bangunan minimarket tersebut hampir ludes dilalap si jago merah.

Beruntung tak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB tersebut. Namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Dugaan sementara, kebakaran disebabkan meledaknya pendingin udara atau AC.

Kapolsek Laweyan, Kompol Ari Sumarwono mengatakan, saat kejadian minimarket tersebut sedang buka. Pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi, baik karyawan maupun pengunjung. Berdasarkan pengakuan karyawan, lanjut Ari, kebakaran bermula dari pendingin ruangan (AC) yang meledak.

"Awalnya, menurut pengakuan karyawan, ada AC yang meledak. Kemudian apinya membesar dan mere mbedug barang barang yang ada di dalam toko," ujar Kapolsek.

Hembusan angin dan panasnya cuaca membuat api makin membesar dan menjalar ke benda-benda di sekitarnya. Warga sekitar sempat membantu karyawan mengeluarkan barang yang bisa diselamatkan. Meski ada yang bisa diselamatkan, lanjut Ari, namun kebakaran tersebut mencapai sekitar 80 persen.

"Barang barang di minimarket itu kan kebanyakan dari plastik dan benda mudah terbakar," jelasnya.

Ari menambahkan, peristiwa tersebut masih diselidiki oleh Polsek Laweyan Surakarta. Apakah ada unsur ke sengaja an atau tidsk. Selanjutnya kasus tersebut akan ditangani laboratorium forensik. (mdk/did)

Baca juga:
Kebakaran Gudang Farmasi RSUD di NTT Sebabkan APD dan Alat Rapid Test Hangus
Pemprov DKI Catat 509 Kebakaran di Jakarta Sejak Januari
Pabrik Velg di Tangerang Ludes Terbakar, Api Padam Setelah 4 Jam
Cegah Kebakaran, Petugas Damkar DKI Keliling Kampung Pakai Pengeras Suara
Kebakaran Gudang di Korea Selatan Tewaskan 25 Orang
Pria di Riau Terbakar Saat Api Berkobar di Rumahnya

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami