Diduga selewengkan hibah bansos Rp 500 juta lebih, Ketua KONI Kota Pariaman ditahan

Diduga selewengkan hibah bansos Rp 500 juta lebih, Ketua KONI Kota Pariaman ditahan
PERISTIWA | 21 Oktober 2017 13:03 Reporter : ER Chania

Merdeka.com - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Fitrias Bakar, ditahan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Pariaman. Dia diduga menyelewengkan dana hibah bantuan sosial (bansos) senilai Rp 500 juta lebih.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Pariaman, Dian Eka Lestari mengatakan, kasus ini bermula dari temuan badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Sumbar tahun 2014. BPK menemukan adanya indikasi kerugian negara senilai Rp 521.467.950.

Anggaran bersumber dari hibah Pemko Pariaman yang diberikan pada KONI untuk melakukan pembinaan berbagai cabang olahraga (cabor) dengan total anggaran mencapai Rp 3 miliar lebih. Awalnya, kasus ini ditangani Polres Pariaman, dan dilimpahkan ke Kejari.

"Penahanan tersangka dilakukan setelah tim jaksa menyatakan berkas perkara tahap II lengkap. Karena kasusnya Tipikor, tersangka sudah kami tahan sejak Kamis (19/10) di Rumah Tahanan Aiadingin Padang," kata JPU saat menggelar jumpa pers bersama para wartawan pada Jum'at (20/10).

Informasinya, Ketua KONI Pariaman periode 2013-2017 itu akan ditahan hingga 20 hari ke depan. Saat ini, pihak Kejari Pariaman tengah mempersiapkan pelimpahan kasus ke Pengadilan Tipikor Padang. (mdk/lia)

Korupsi dana bansos, eks Kepala Kesbangpol Sumsel divonis 4 tahun 6 bulan

Terbukti korupsi dana bansos, anak buah Alex Noerdin divonis 5 tahun

Artidjo vonis dua mantan anggota DPRD Bengkalis 9 tahun penjara

Terdakwa korupsi bansos ditangkap saat hendak terbang ke Jakarta

Berkas 800 halaman, sidang tuntutan korupsi bansos ditunda 3 kali

Korupsi bansos, Ketua DPRD Bengkalis cuma divonis 18 bulan penjara

Sudah berbulan-bulan Kejati Jabar belum tangkap mantan Wabup Cirebon

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami