Diduga Terkait Teroris, Perampok Emas di Magetan Masih Ditelusuri

PERISTIWA | 25 Agustus 2019 11:18 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera Menegaskan pihaknya baru mengidentifikasi lima orang sebagai terduga teroris dari sejumlah orang yang diamankan di wilayah Jatim.

"Total lima," kata Kombes Barung saat dikonfirmasi, Minggu (25/8).

Diketahui, lima orang terduga itu berasal dari tiga wilayah berbeda, yakni Blitar tiga terduga berinisial SU, KU, JO. Madura satu terduga berinisial HS, dan Lamongan satu terduga berinisial BL.

Sementara itu, satu orang diamankan di Magetan, disebut-sebut juga sebagai terduga teroris. Namun Barung menegaskan pihaknya belum mengeluarkan pernyataan demikian.

"Magetan masih tanda tanya, belum kami keluarkan pernyataan bahwa dia terduga teroris," tegas dia.

Diberitakan sebelumnya, satu orang berinisial YT diamankan polisi saat hendak merampok toko emas di Magetan. Nahas, aksinya gagal dan menjadi bulan-bulanan warga.

Isu beredar bahwa pelaku diduga jaringan kelompok radikal bernama Isbaqiah. Bila berhasil melakukan pencurian dengan kekerasan, dana tersebut akan disetor untuk hijrah ke negara Syam Suriah. Namun, polisi enggan berkomentar lebih jauh soal terkait karena masih dalam proses pemeriksaan.

Diketahui, aksi YT dilakukan pada Sabtu 24 Agustus 2019. Jajaran Polres Magetan dan Polda Jawa Timur menggeledah rumah pelaku dan mengamankan sejumlah barang bukti antara lain, 2 buah kaleng diduga bom rakitan, sebuah sangkur, sepucuk pistol mainan, satu buku baitul mal, 2 Kotak peluru senapan angin kaliber 4,5 mm, dan 2 buah petasan.

Selain itu, polisi juga menyita sebatang besi sepanjang 50 cm, 2 kotak korek api kayu, 2 buah baterai, sebuah borgol, selembar kertas tulisan cara merakit bom, dan sebuah dompet

Diamankan di Mako Brimob Jatim

Barung menambahkan, para terduga teroris yang diamankan di beberapa wilayah di Jawa Timur kini ditahan di Markas Brimob Polda Jawa Timur. Hal ini dilakukan guna pemeriksaan dan pendalaman lebih lanjut.

"Sementara di Brimob Polda Jawa Timur untuk kepentingan pemeriksaan," kata Kombes Barung saat dikonfirmasi, Minggu (25/8).

Dia melanjutkan, apabila pemeriksaan dirasa cukup, proses selanjutnya para terduga teroris tersebut akan dibawa ke Jakarta dan ditangani oleh Mabes Polri.

"Akan dibawa ke Jakarta," jelas dia.

Reporter: M Radityo Priyasmoro

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Perampok Toko Emas di Magetan Ternyata Residivis Penusuk Mantan Bupati Madiun
Motor Pelaku Diadang, Warga Gagalkan Perampokan Toko Emas di Magetan
Terlibat Kriminal di Malaysia, Rampok Emas Balaraja Batal Dibawa ke Indonesia
2 Perampok 6 Kilogram Emas di Balaraja WN Malaysia, Ditangkap di Negaranya
Sebelum Toko Emas, Dua WN Malaysia Rampok SPBU di Balaraja

(mdk/bal)