Difasilitasi PKS, Forum Parlemen Muslim Internasional IV Lahirkan 4 Kesepahaman

Difasilitasi PKS, Forum Parlemen Muslim Internasional IV Lahirkan 4 Kesepahaman
Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 15 Februari 2020 22:39 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengatakan pertemuan Forum Parlemen Muslim Internasional (IIFP) Ke-IV di Jakarta berhasil memperkokoh keberpihakan pada isu-isu kemanusiaan, kesejahteraan dan perdamaian dunia.

"Selama tiga hari penuh anggota parlemen Muslim yang hadir bertukar pikiran tentang isu-isu hak asasi manusia dan kemanusiaan universal. Selain itu kami juga membahas isu-isu demokratisasi, reformasi, pelayanan publik, hingga lingkungan hidup," kata Jazuli dalam keterangan tertulisnya dilansir Antara, Sabtu (15/2).

Dia menjelaskan ada empat poin kesepahaman pertemuan IIFP ke-IV tersebut. Pertama; IIFP akan terus memperluas keanggotaannya dengan aktif berkomunikasi dan berkirim surat resmi kepada anggota parlemen Muslim khususnya di negara-negara yang bukan mayoritas Muslim seperti Eropa dan Amerika.

"Hal ini dimaksudkan agar perspektif dan kontribusi IIFP semakin luas dan dirasakan dunia," ujarnya.

Kedua, menurut dia, anggota IIFP berkomitmen untuk mempromosikan dan menampilkan wajah Islam yang ramah, bersahabat, dan berkemajuan dalam interaksi dan peran-peran parlemen khususnya sehingga benar-benar mampu mewujudkan Islam yang rahmatan lilalamin.

Dia menjelaskan, poin ketiga, melalui peran-peran parlemen, IIFP terus mendorong upaya perdamaian dunia di wilayah-wilayah yang berkonflik.

"Serta menunjukkan keberpihakan dan kepedulian atas permasalahan kemanusiaan universal yang menimpa masyarakat dunia terutama kepada masyarakat dan bangsa yang tertindas seperti di Palestina, Rohingya, dan Uighur," katanya.

Poin keempat menurut dia, IIFP mendorong agenda perbaikan atau reformasi pemerintahan dan pelayanan publik juga pelestarian lingkungan yang berorientasi pada pemenuhan kesejahteraan dan pencapaian kemajuan peradaban di negara masing-masing dan dunia internasional.

Dalam kaitan itu, menurut Jazuli, anggota IIFP berusaha menjadi teladan dalam mewujudkannya melalui peningkatan profesionalitas dan akuntabilitas kinerja parlemen.

Baca Selanjutnya: Selain itu Jazuli menjelaskan IIFP...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami