Digeser dari Menko Polhukam, Luhut langsung angkut barang-barang

PERISTIWA | 27 Juli 2016 17:03 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan reshuffle menteri Kabinet Kerja, Luhut Binsar Pandjaitan langsung berbenah di kantor Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan. Luhut digantikan oleh Wiranto sebagai Menkopolhukam. Sedangkan Luhut digeser menjadi Menko Kemaritiman.

Pantauan merdeka.com, sekitar pukul 16.45 WIB, Luhut telah kembali ke kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia usai pelantikan di Istana Negara. Terlihat sudah dibawa beberapa kardus barang-barang milik Luhut menggunakan mobil pick-up.

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan beberapa menteri barunya, Rabu (27/7) di Istana Negara, Jakarta. Salah satu menteri yang diganti yakni Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan. Dia digantikan Jenderal (Purn) Wiranto yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum Partai Hanura.

Luhut menjelaskan sebagai mantan Menko Polhukam akan memberikan arahan dan bertemu dengan Wiranto.

"Pak Wiranto akan gantikan. Nanti saya akan briefing beliau apa-apa yang sudah, sedang dan akan kami kerjakan," kata Luhut di kantornya, sebelum dilantik di Istana Negara, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (27/7).

Luhut juga menjelaskan terdapat beberapa tugas untuk Wiranto. "Banyak, sekarang sudah dalam koridor. Tinggal nerusin aja beliau. Tentu nanti beliau punya style sendiri. Kita tunggu saja," ungkap Luhut.

Diketahui, Luhut digeser menduduki jabatan baru, menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman, menggantikan Rizal Ramli. Menurut Luhut, hasil kabinet baru cukup bagus.

Sebelum menjadi Menko Polhukam, Luhut sempat menduduki jabatan Kepala Staf Presiden pada masa awal pemerintahan Jokowi.

Ketika, era presiden Abdurrahman Wahid, Luhut juga pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Perindustrian.

(mdk/dan)