Diguyur hujan deras 4 hari, Kabupaten Singkil diterjang banjir

Diguyur hujan deras 4 hari, Kabupaten Singkil diterjang banjir
PERISTIWA | 30 November 2016 11:05 Reporter : Afif

Merdeka.com - Hujan deras melanda Kabupaten Singkil, Provinsi Aceh selama 4 hari berturut-turut mengakibatkan meluapnya sungai Cinendang. Sehingga 34 gampong dari 5 kecamatan terendam banjir.

Debit air yang merendam 5 kecamatan di Singkil mencapai 1 meter, ditambah arus yang deras. Akibatnya, ribuan warga terpaksa mengungsi dan mencari ke lokasi lebih tinggi.

"Adapun total warga yang mengungsi ada 7.532 kepala keluarga dan jumlah jiwa 29.574 jiwa dari 5 kecamatan tersebar di Singkil," kata Kepala badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil, Sulaiman, Rabu (20/11).

Hingga sekarang, sebutnya, belum ada laporan korban jiwa pada banjir terbesar tahun ini. Semua warga yang mengungsi dalam kondisi selamat dan telah mendapatkan distribusi bantuan masa panik.

Adapun kecamatan yang dilanda banjir dan banyak warga yang mengungsi adalah Kecamatan Singkil ada 10 gampong, Kecamatan Simpang Kanan 8 gampong, Kecamatan Singkil Utara 3 gampong, Kecamatan Gunung Meriah 13 gampong dan Kecamatan Suro.

"Kecamatan Suro dilaporkan sudah normal," jelasnya.

Adapun beberapa gampong di 4 kecamatan tadi, ada yang sudah normal dan ada yang masih tergenang air setinggi 60-80 cm. Pengungsi saat ini kebanyakan bertahan di kantor camat, rumah kerabat yang tidak terkena banjir dan sejumlah tempat lainnya.

"Tim Pusdalops BPBD Aceh Singkil terus melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan camat setempat," imbuhnya.

Pihak BPBD Aceh Singkil, sebutnya, telah mendirikan dapur umum di beberapa desa yang berada di Kecamatan Singkil. Pemerintahan Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) telah turun ke lapangan dan mengirimkan bantuan logistik masa panic.

Bantuan dari BPBA telah diterima berupa beras 350 sak, mie instan 350 kardus, minyak makan 350 kg, air mineral 300 dus, Saus 350 botol, kecap 350 botol, telur ayam 7000 butir, ikan kaleng 700 kaleng, gula pasir 300 kg, kain sarung 200 lembar, baju sekolah anak SD 100 pasang, baju sekolah anak SMP 100 pasang. (mdk/tyo)

Sungai Bengawan Solo meluap, Bojonegoro kebanjiran

Wali Kota Samarinda tak bisa hilangkan banjir, cuma bisa kurangi

Samarinda dikepung banjir, Bandara Temindung ditutup

Korban banjir Bojonegoro banyak terserang kutu air

Hujan deras, sejumlah wilayah Tasikmalaya dilanda banjir & longsor

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami