Diguyur Hujan Lebat, Puluhan Rumah di Serang Terendam Banjir

PERISTIWA | 18 Januari 2020 22:22 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Usai diguyur hujan lebat, puluhan rumah di Kampung Sukajaya dan Kampung Pamarican, Kasemen, Banten, terendam banjir. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang, Diat Hermawan mengatakan, intensitas hujan yang cukup lebat menyebabkan meluapnya kali Teluk Banten.

"Ada 105 KK dan 400 lebih jiwa terdampak banjir. Tidak ada korban jiwa, sementara kerugian masih dikalkulasi pemerintah daerah setempat. Sisanya belum dicek," ujarnya, Sabtu (18/1)

Diat mengungkapkan, ketingian air mencapai lutut orang dewasa. Hingga saat ini, warga masih bertahan di rumahnya dan tidak ingin pindah ke pengungsian.

"Langkah teknis telah dilakukan, bahkan Pak Wali kota telah mengontek saya langsung dan tengah menunggu DPU dan DLH. Saya kira perlu sendimentasi maupun normalisasi, langkah darurat pun telah dilakukan oleh BPBD, Kepolisian dan TNI, Warga pun berupaya manual membersihkan sampah," ungkapnya.

1 dari 1 halaman

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang, Budi Rustandi menuturkan, banjir tersebut juga merupakan kelalaian masyarakat akibat kali dibangun pondasi hingga empang. Dia mengaku akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar segera dinormalisasi.

"Ini dapil saya (Kasemen, red) saya harus sigap. Ini kelalaian masyarakat juga, karena ada kali lalu dibangun pondasi, nanti kita cek suratnya ada atau tidak. Kalau ada nanti ditelusuri, khawatir ada oknum, Nanti pejabat setempat jangan sampai takut," ujarnya usai mengunjungi lokasi banjir. (mdk/ray)

Baca juga:
Kerja Pompa Air Maksimal Buat Genangan Cepat Surut di Tanjung Duren
11 Titik Genangan di Jakarta Pascahujan Sejak Sabtu Dini Hari
Jakarta Diguyur Hujan, Ketinggian Pintu Air Manggarai Capai 754 Sentimeter
Hujan Guyur Jakarta di Sabtu Pagi, Sejumlah Ruas Jalan Tergenang
Siapkan Rp1,2 Miliar, KSK Insurance Bayar di Depan Klaim Nasabah Korban Banjir

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.