Diiringi Gamelan, Wapres China Nyanyikan Lagu Bengawan Solo

PERISTIWA | 18 Oktober 2019 21:18 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) China Wang Qishan berkunjung ke Kota Solo, Jumat (18/10). Selama sekitar 2 jam, Wang Qishan beserta rombongan menerima jamuan makan malam di rumah dinas Wali Kota, Loji Gandrung. Wapres nampak akrab menikmati hidangan didampingi Wali Kota FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin.

Di akhir acara beberapa orang yang merupakan rombongan Wang Qishan maju ke depan. Mereka memegang mic pembawa acara.

"Saya mau belajar nyanyi lagu Bengawan Solo," ucapnya singkat dalam Bahasa Indonesia.

Dengan iringan gamelan Jawa, dua orang terus menyanyikan lagu Bengawan Solo. Meskipun syair yang mereka baca melalui handphone, kadang salah.

Tak lama kemudian, Wapres Wang Qishan pun ikut maju ke depan dan memegang mic. Wang ikut menyanyikan lagu Bengawan Solo, namun dengan bahasa Mandarin. Tepukan riuh hadirin pun terdengar. Sayang dalam kesempatan tersebut Wang Qishan tak memberikan kata sambutan sedikit pun.

"Sebelum datang ke pelantikan, bapak Wakil Presiden ini ingin mengunjungi tanah kelahiran bapak Presiden Jokowi. Di samping itu ternyata bapak wakil presiden ini senang dengan lagu Bengawan Solo. Di negaranya sana dia selalu menyanyikan lagu Bengawan Solo, tapi dengan bahasa China," ujar Wakil Gubernur Taj Yasin.

Wapres China sebelumnya berkunjung ke Bendung Tirtonadi di Kalianyar, yang merupakan anak Sungai Bengawan Solo. Tak jauh dari tempat tersebut, merupakan tempat masa kecil Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Baca juga:
Sebelum Hadiri Pelantikan, Wapres China Kunjungi Kampung Halaman Jokowi
3 Kota Komuter Paling Ramah Lingkungan di Dunia
China Gebrak Pasar Otomotif Indonesia
DPR AS Sahkan Undang-Undang Dukung Demonstran Hong Kong
Notebook dan Ponsel Tanpa Baterai China Dominasi Impor September 2019
Tiru China, Pemda di Indonesia Harus Bersaing Tarik Investasi

(mdk/bal)