Dijanjikan Kerja di Toko Handphone, Dona Malah Jadi Korban Penipuan

PERISTIWA | 13 November 2019 01:02 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Kasmin (39) ditangkap anggota Polsek Mapolsek Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. Warga Desa Karang Anyar, Kecamatan Darul Makmur, itu dicokok polisi setelah diduga menipu seorang perempuan dan membawa kabur sepeda motor korbannya.

"Identitas korban tindak pidana penggelapan dan penipuan tersebut bernama Dona (18) warga Desa Gunong Samarinda, Kecamatan Babah Rot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya)," kata Kapolres Nagan Raya AKBP H Giyarto SIK, Selasa (12/11). Seperti dilansir Antara.

Selain pelaku, polisi turut mengamankan sepeda motor jenis Honda Vario dengan nomor polisi BL 4762 EF. "Pelaku ditangkap polisi karena diduga melakukan tipu muslihat dan berbohong, karena menjanjikan pekerjaan kepada korban dan kemudian membawa kabur sepeda motor milik korbannya," kata dia.

1 dari 1 halaman

Dijanjikan Pekerjaan

Dalam keterangannya kepada polisi, korban Dona mengaku pelaku menawarkan pekerjaan di sebuah toko penjualan telepon seluler di kawasan Alue Bilie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya dengan iming-iming gaji sebesar Rp1 juta per bulan.

Untuk meyakinkan korban, Kasmin juga berusaha mendatangi orang tua korban di Kecamatan Babah Rot, Kabupaten Aceh Barat Daya untuk meminta izin agar korban bisa bekerja.

Usai meminta izin, pelaku kemudian mengajak korban ke toko telepon seluler miliknya di Kabupaten Nagan Raya sambil mengendarai sepeda motor milik korban sambil berboncengan.

Namun di tengah jalan, kata kapolres, tersangka Kasmin berpura-pura menanyakan di mana keberadaan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Namun korban mengaku tidak tahu, sehingga kemudian Kasmin membujuk korban agar bersedia menunggu di pinggir jalan dan meminjam sepeda motornya untuk mengambil uang.

Setelah meninggalkan korban seorang diri, Kasmin kemudian kabur dengan membawa sepeda motor korban.

Kasmin akhirnya ditangkap polisi setelah korban membuat pengaduan ke Mapolsek Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, beserta satu unit sepeda motor milik korban.

"Kasus ini masih diselidiki, sedangkan tersangka Kasmin sudah kita tahan untuk penyidikan lebih lanjut," kata Kapolres Giyarto. (mdk/gil)

Baca juga:
Dijanjikan Beasiswa ke Taiwan, Puluhan WNI Malah Dipaksa Kerja di Pabrik Besi
Puluhan Pencari Kerja di Tangerang Tertipu Calo, Uang Jutaan Rupiah Raib
FBI: Indonesia jadi Negara Tujuan Penipuan Lowongan Kerja dari Hollywood
128 Korban Hoaks Lowongan Kerja KAI Terlantar di Stasiun Gambir
PT KAI Minta Warga Tak Mudah Percaya Penipuan Modus Penerimaan Pegawai
Korban Penipuan Lowongan Kerja PT KAI Diminta Laporkan Pelaku ke Polisi
Polda Metro Dalami Laporan Korban Penipuan Lowongan Pekerjaan PT KAI