Dijenguk Keluarga di Rutan Bareskrim Polri, Rizieq Syihab Dibawakan Makanan Kesukaan

Dijenguk Keluarga di Rutan Bareskrim Polri, Rizieq Syihab Dibawakan Makanan Kesukaan
Sidang lanjutan Habib Rizieq. ©Istimewa
PERISTIWA | 13 Mei 2021 15:30 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Mantan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Syihab pada momen hari raya Idulfitri 1422 Hijriah ini akhirnya dijenguk pihak keluarga di ruang tahanan Bareskrim Polri. Kabar itu turut disampaikan kuasa hukumnya, Aziz Yanuar.

"Sudah (dijenguk) pihak keluarga," kata Aziz saat dikonfirmasi, Kamis (13/5).

Aziz menyampaikan sanak keluarga yang menjenguk Rizieq pada momen lebaran ini turut membawa beberapa makanan kesukaan kliennya untuk disantap di rumah tahanan.

"Bawa makanan kesukaan beliau," ujar dia.

Sementara untuk pelaksanaan Salat Idulfitri, kata Aziz, Rizieq sangat difasilitasi oleh kepolisian. Rizieq bersama para tahanan lain pun telah menunaikan ibadah salat berjemaah tadi pagi.

"Alhamdulillah sangat lancar dibantu sangat maksimal dan baik oleh pihak rutan Mabes Polri," ujar Aziz.

Untuk selanjutnya, Aziz mengatakan untuk Rizieq sendiri saat ini tengah melakukan Salat Id dan halal bihalal bersama tahanan yang lain untuk mengisi momen lebaran kali ini.

"Salat Id bersama para tahanan dan halal bihalal di rutan," kata Aziz.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur belum mengabulkan penangguhan penahanan terhadap eks Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab. Hal ini dikatakan dalam sidang perkara Rumah Sakit Ummi, Bogor, Jawa Barat.

"Untuk penangguhan, kami (masih) bermusyawarah," kata Hakim Ketua MH Khadwanto di ruang sidang PN Jakarta Timur, Selasa (11/5).

Selain itu, terkait Hanif Alatas yang meminta izin keluar saat Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah. Majelis hakim pun menolak dengan alasan pengamanan.

"Terkait permohonan izin untuk terdakwa Hanif tentunya di perkara ini agar diizinkan satu hari keluar tahanan untuk Hari Raya Idulfitri, majelis hakim berkomunikasi dengan tim hukum dan juga pihak kepolisian, itu secara teknis sangat sulit sekali dilakukan karena untuk pengamanannya, untuk sementara ini izin keluar sehari kami tolak," ujarnya.

Sementara itu, kuasa hukum Rizieq, Aziz Yanuar pihak masih menunggu terkait proses penangguhan penahanan terhadap para terdakwa.

"(Penangguhan penahanan) Masih dipertimbangkan tadi, masih dipertimbangkan belum ada keputusan. Kalau yang izin tadi Alhamdulillah ditolak. Mungkin kita nanti masih menunggu jawaban penangguhan," kata Aziz.

"Ya, mungkin (disampaikan secara tertulis)," sambungnya.

Penangguhan penahanan itu diajukan Rizieq Syihab bersama terdakwa lainnya mengajukan penangguhan penahanan dengan alasan kemanusiaan. Penangguhan itu diajukan hingga hari raya Idulfitri selesai.

Hal itu disampaikan kuasa hukum Rizieq Cs dalam sidang lanjutan kasus hasil swab test Rizieq Syihab di RS UMMI yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (5/5).

"Kami mengajukan permohonan penangguhan penahanan dengan alasan terdakwa lainnya dalam kasus yang sama tidak ditahan, kemudian tidak akan menghilangkan barang bukti, siap mengikuti persidangan sampai vonis, kemudian pertimbangan kemanusiaan, serta menjelang hari raya Idulfitri," kata Aziz. (mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami