Dikira Harimau, Jejak Kaki Kucing Hutan Bikin Panik Warga Musi Banyuasin

Dikira Harimau, Jejak Kaki Kucing Hutan Bikin Panik Warga Musi Banyuasin
PERISTIWA | 20 Februari 2020 15:10 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Warga di Kecamatan Lawang Wetan, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, digegerkan dengan adanya jejak kaki yang menyerupai harimau Sumatera. Ternyata, jejak kaki itu hanya kucing hutan.

Jejak kaki itu ditemukan warga Desa Karang Ringin II, Kecamatan Lawang Wetan, Senin (17/2). Penemuan itu sontak heboh karena tersebar di media sosial.

Untuk mengetahui jenis binatang pemilik jejak kaki itu, pemerintah setempat melakukan penyelidikan. Hanya saja, tim terkendala karena kebun warga terendam air akibat meningkatnya volume air Sungai Musi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Musi Banyuasin Andi Wijaya Busroh mengatakan, jejak kaki itu dipastikan bukan dari harimau Sumatera, melainkan kucing hutan. Masyarakat diimbau tidak panik tetapi tetap waspada dan menghindari aktivitas seorang diri di kebun.

"Bukan jejak kaki harimau, tapi hanya kucing hutan. Ini dari penelitian BKSDA," ungkap Andi, Kamis (20/2).

1 dari 1 halaman

Kasi SKW I BKSDA Sumsel Yusmono menjelaskan, kepastian itu diketahui dari bentuk jejak kaki yang jauh dari ciri-ciri harimau. Menurut dia, ukuran tapak kaki harimau minimal 10 centimeter, tetapi jejak kaki yang ditemukan hanya 7 cm.

"Dilihat dari ukuran tapak kakinya saja, biasanya jejak kaki harimau besar, yang kita temukan kecil," ujarnya.

Menurut dia, kucing hutan termasuk hewan tak berbahaya. Sifatnya cenderung pemalu dan beraktivitas malam hari untuk mencari makan, kemudian kembali ke hutan menjelang siang.

"Kawasan Lawang Wetan juga bukan habitat harimau Sumatera. Untuk di Musi Banyuasin, binatang itu berada di Kecamatan Lalan, Tungkal Jaya, Bayung Lincir, dan perbatasan Jambi," pungkasnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Harimau Mangsa Ternak Dekat Permukiman Warga
Polisi Bongkar Jual Beli Organ Harimau Sumatera di Riau
Masih Agresif, Harimau di Muara Enim Belum Bisa Diperiksa
Harimau Sumatera Mangsa Ternak Sapi Milik Warga di Siak
Sapi-sapi Warga di Siak Hilang, Diduga Dimangsa Harimau

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami