Dilantik Jadi Plt Sekjen KKP, Irjen Antam Novambar Tetap Jabat Wakabareskrim

Dilantik Jadi Plt Sekjen KKP, Irjen Antam Novambar Tetap Jabat Wakabareskrim
PERISTIWA | 27 Februari 2020 15:56 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo melantik Irjen (Pol) Antam Novambar sebagai Pelaksana tugas (Plt) Sekjen di kementeriannya. Saat ini, Antam masih menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra menuturkan, Antam resmi menjabat Plt Sekjen KKP mulai 26 Februari 2020. Meski menjabat Plt Sekjen KKP, Antam tetap menjabat Wakil Kabareskrim. Sebab, Antam akan pensiun dari Polri pada November 2020.

"Pada posisi yang sekarang beliau ini masih Plt di sana (KKP) mengisi kekosongan jabatan. Namun nanti apabila ada rotasi jabatan atau mutasi, tentunya beliau akan meninggalkan Polri lalu bertugas di KKP secara penuh, tidak lagi Plt seperti sekarang ini," ujar Asep di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (27/2).

Kini Antam tinggal menunggu mekanisme yang berlaku secara umum di kepolisian. Dia akan meninggalkan jabatannya di Polri setelah penunjukan secara definitif sebagai Sekjen KKP.

"Karena ketentuanya tidak boleh rangkap jabatan," ucap Asep.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo kembali melantik pejabat pimpinan tinggi madya atau eselon I di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan mengangkat satu pejabat pelaksana tugas pada Rabu (26/2). Kedua pejabat tersebut yakni, Nilanto Perbowo yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen), kini diangkat menjadi Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan.

Selanjutnya, Irjen (Pol) Antam Novambar diangkat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Sekjen. Saat ini, Antam masih menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Dalam amanatnya, Menteri Edhy menegaskan pergantian merupakan hal yang biasa dalam sebuah organisasi.

"Pergantian ini adalah hal normal dalam organisasi, penyegaran," kata Edhy di Gedung Mina Bahari IV dikutip dari keterangan kementerian di Jakarta.

Selain itu, Menteri Edhy mengajak seluruh jajarannya untuk selalu berpikir dan berwawasan terbuka. Ia berharap kebersamaan dan kekompakan menjadi semangat dalam setiap langkah ke depan.

"Kita diberikan mandat, bidang yang sangat membanggakan, dan saya berharap kebersamaan dan kekompakan menjadi kunci semangat kita," sambungnya.

Melalui semangat kebersamaan tersebut, Menteri Edhy optimis Kementerian Kelautan dan Perikanan mampu menjadi lembaga yang turut serta menyumbangkan pertumbuhan ekonomi bagi negara.

"Semangat ini yang membuat kita membesarkan Kementerian Kelautan dan Perikanan menjadi kementerian yang mampu menyumbangkan ekonomi yang besar di Indonesia," terangnya.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com (mdk/noe)

Baca juga:
Menteri Edhy Prabowo Angkat Wakabareskrim Antam Novambar jadi Plt Sekjen KKP
Canda Menteri Edhy Banyak Nama 'Prabowo' Bikin KKP Semakin Kuat
KKP: Badan Dunia Tidak Menyatakan Lobster Bakal Punah
Menteri Edhy Keluhkan Kecilnya Anggaran KKP: Kalau Dulu Tahu, Saya Minta Rp15 Triliun
Menteri Edhy Prabowo Upayakan Kembali Ekspor Kerang ke Uni Eropa
Akibat Virus Corona, Pemerintah Larang Sementara Impor Ikan China

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami