Diminta Setop Reklamasi Benoa, Pelindo III Berdalih Pembangunan Tingkatkan Pariwisata

PERISTIWA | 25 Agustus 2019 22:34 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Gubernur Bali Wayan Koster menyurati PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III agar segera menghentikan reklamasi di areal seluas 85 hektare di sekeliling Pelabuhan Benoa, Bali. Pelindo III menyatakan masih mempelajari surat permintaan penghentian reklamasi Teluk Benoa itu.

"Saat ini kami akan mempelajari terkait isi surat tersebut. Namun perlu diketahui bahwa Pelindo III membangun Pelabuhan Benoa tersebut semata-mata untuk mengembangkan pariwisata di Bali," kata Wilis Aji, selaku Vp Corcom Pelindo III dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/8).

Pelindo III menyatakan pembangunan Pelabuhan di Teluk Benoa bertujuan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Bali. Sebab, pembangunan Pelabuhan Benoa diyakini menambah daya tarik wisatawan.

Namun Pelindo III juga akan siap bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bali dan semua elemen masyarakat untuk menyesuaikan pembangunan di Pelabuhan Benoa, Bali.

"Pelindo III juga siap bekerjasama bersama Pemprov Bali dan semua lapisan masyarakat Bali untuk menyesuaikan pembangunan di Benoa agar sesuai dengan harapan masyarakat Bali dan visi misi pemerintah daerah Bali," ujar Wiilis.

Seperti diketahui, Gubernur Bali Wayan Koster meminta PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III untuk segera menghentikan reklamasi di areal seluas 85 hektar di sekeliling Pelabuhan Benoa, Bali.

Penghentian ini karena pengurukan wilayah laut itu telah menyebabkan hancurnya ekosistem bakau seluas 17 hektar serta memicu terjadinya sejumlah pelanggaran.

Permintaan itu disampaikan Gubernur Koster dalam surat resmi kepada Direktur Utama Pelindo III yang juga ditembuskan kepada Menteri BUMN, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Perhubungan, serta Menteri Agraria dan Penataan Ruang.

Baca juga:
Hentikan Reklamasi Benoa, Koster Minta Pelindo III Perbaiki Kerusakan Lingkungan
Surati PT Pelindo III, Gubernur Bali Minta Penghentian Reklamasi di Benoa
4 Momen Ini Bikin Menteri Susi Marah
Gubernur Bali Tegaskan Belum Terima Surat Izin Lokasi Rreklamasi Teluk Benoa
Sandiaga: Kita Menolak Reklamasi!
Sambangi Tanjung Benoa Bali, Sandiaga Janji Tolak Reklamasi
Gubernur Bali Sebut Jokowi Belum Beri Jawaban Soal Reklamasi Teluk Benoa

(mdk/gil)