Dinilai Aset Berharga, Ustaz Abdul Somad Tidak Akan Dipecat UIN Pekanbaru

PERISTIWA | 9 Mei 2019 16:35 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru (UIN Suska) mendapat surat dari dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Surat itu berisi dugaan video Ustaz Abdul Somad Batubara (UAS) mendukung Calon Presiden Prabowo Subianto yang tampil di televisi swasta sebelum Pilpres Bulan April kemarin.

"Isi surat dari KASN ke kita meminta klarifikasi dari kita tentang UAS soal video yang beredar luas itu. Surat tersebut tertulis tanggal 16 April 2019 dan sampai ke kita tanggal 2 Mei 2019. Bukan soal pemecatan. Jadi kita punya 14 hari untuk menjawab surat itu," ujar Rektor UIN Suksa Riau Prof Akhmad Mujahidin kepada wartawan, Kamis (9/5).

Menurut Akhmad, saat ini ustaz kondang di Indonesia itu masih mengajar di UIN yang berada di Jalan HM Subrantas Panam, Kota Pekanbaru. "Ustaz Somad masih dosen di UIN," katanya.

Akhmad membeberkan, surat dari KASN itu berisi beberapa poin tentang pertemuan UAS dengan Capres Prabowo pada 11 April 2019 yang beradar luas di media social. Bahkan, pembicaraan UAS dengan Capres nomor urut 02 ditampilkan siaran langsung dinilai mengarah pada dukungan politik. Padahal status UAS sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

KASN menjelaskan bahwa selaku PNS harus netral. Karena setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

Meski KASN menilai adanya dugaan dukungan UAS ke Prabowo-Sandi, Akhmad menyebutkan UAS tidak akan dipecat sebagai dosen. Sebab UAS dinilai merupakan aset yang sangat berharga di UIN dari segala aspek.

"Tidak akan ada pemecatan terhadap UAS, karena aset berharga kampus kita," terang AKhmad.

Akhmad menilai, UAS memiliki kecerdasan yang sangat luar biasa. Karena itu, kampus UIN akan mempertahankan UAS. Pihak kampus mengaku bangga telah memiliki tenaga pengajar seperti UAS.

"UAS aset kita bahkan aset bangsa. Selain terkenal di Indonesia juga tenar di berbagai negara, seperti Malaysia, Singapura dan Brunei, jelasnya.

Pada 11 April 2019, ustaz kondang jebolan S2 Maroko itu melakukan pertemuan dengan Capres 02 Prabowo Subianto. Dalam pertemuan itu, ustaz asal Sumatera Utara itu dinilai berpihak pada Prabowo.

Baca juga:
Fadli Zon Sebut Dukungan Ustaz Abdul Somad Energi Besar
Perjalanan Panjang Ustaz Abdul Somad Hingga Akhirnya Dukung Prabowo
Ustaz Abdul Somad Kuatkan Pendukung Prabowo, Tapi Tak Pengaruhi Pemilih Jokowi
Dekat dengan Prabowo, Dukungan Ustaz Somad Dinilai Kubu Jokowi Tak berpengaruh
Dukungan Ustaz Abdul Somad dan Pengaruhnya pada Suara Prabowo di Pilpres
Cerita Ustaz Abdul Somad Akhirnya Dukung Prabowo di Pilpres 2019

(mdk/cob)