Dinkes Solo Musnahkan Belasan Botol Sirup Kedaluwarsa

PERISTIWA | 16 Mei 2019 01:32 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solo memusnahkan belasan botol sirup kedaluwarsa hasil temuan petugas gabungan, saat inspeksi mendadak (sidak) keamanan pangan di salah satu distributor makanan di Kecamatan Serengan, Rabu (15/5). Sirup tersebut dikhawatirkan akan membahayakan jika dikonsumsi oleh masyarakat.

Kepala Bidang Data dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta, Efi S Pertiwi mengatakan, ada 10 sirup yang kedaluwarsa tanggal 14 Mei dan tiga sirup yang kedaluwarsa sejak 2018.

"Semuanya harus kami musnahkan, karena kalau dikonsumsi orang yang perutnya sensitif, bisa jadi masalah," ujar Efi.

Atas temuan sirup tak layak konsumsi tersebut, pihaknya mengaku sudah memberikan teguran kepada pemilik toko. Selain tak layak konsumsi, tempat penyimpanan barang juga tidak memenuhi syarat. Yakni berada di tempat terbuka, tanpa alas, bahkan bisa dilalui hewan, kucing atau tikus dengan bebas.

Selain sirup kedaluwarsa, Tim gabungan Dinkes, Satpol PP, Dinas Perdagangan dan kepolisian juga mendapati biskuit, wafer coklat serta makanan ringan lainnya yang tidak layak konsumsi. Diantaranya kemasan bagian luar rusak dan tenggat aman konsumsi telah habis alias kedaluwarsa.

Barang-barang temuan tersebut kemudian diamankan petugas untuk kemudian dikembalikan kepada produsen. Pihaknya merasa khawatir dengan penyimpanan makanan tak layak konsumsi ini, karena dicampur dengan makanan lain sehingga bisa saja dijual murah.

"Sidak ini kami lakukan untuk mengintensifkan peredaran makanan dan minuman menjelang Lebaran," jelas Efi.

Menurut dia, momentum hari raya sering kali dimanfaatkan masyarakat untuk berbelanja. Sehingga permintaan barang cenderung meningkat.

Pemantauan juga dilakukan di sejumlah lokasi lain, toserba dan mal. Di lokasi tersebut, petugas mendapati belasan botol minuman kemasan kedaluwarsa dan makanan ringan tanpa label.

"Kami minta pengelola menarik barang itu dari rak display dan memberikan pembinaan agar tidak memajang barang seperti itu lagi. Kami juga mengimbau warga untuk menjadi pembeli yang cerdas, dengan mencermati label produk, masa kedaluwarsa, sampai bentuk kemasan produk," pungkasnya.

Baca juga:
BBPOM Sulsel Minta Warga Waspadai Toko-toko yang Cuci Gudang Jelang Akhir Tahun
Polres Karawang Ringkus Peracik dan Penjual Bumbu Seblak Kadaluarsa
Simpah Bahan Baku Kedaluwarsa, Gudang Bumbu Seblak di Karawang Digerebek
17 Ribu produk makanan & minuman anak kedaluwarsa hampir beredar di supermarket
Pemkab Jembrana sita makanan, minuman dan obat kedaluwarsa
Kasus kedaluwarsa, polisi razia supermarket yang disalurkan PT PRS
Polisi telusuri ritel ambil stok produk makanan kedaluwarsa dari PT PRS

(mdk/fik)