Dinyatakan hilang, Ipda Yesaya Sanusi ditemukan tewas usai baku tembak dengan KKB

PERISTIWA | 3 Juli 2018 17:00 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Ipda Yesaya Sanusi yang sempat dinyatakan hilang setelah penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) akhirnya ditemukan. Yesaya telah ditemukan dalam kondisi tewas sekitar pukul 10.00 WIT.

"Betul, saya sudah konfirmasi ke Papua tadi sekitar jam 10.00 WIT atau 11.00 WIT, waktu setempat sudah ditemukan jenazah rekan kami Ipda Yesaya Sanusi yang gugur pada saat pengamanan membawa logistik pemilu," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di Kompleks Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (3/7).

Yesaya diserang oleh KKB saat berada di sungai Membarano ditemukan sekitar 300 meter dari Tempat Kejadian Perkara (TKP). Dirinya tewas ditemukan masih dalam kondisi lengkap dengan senjata masih di pinggang.

"Yang bersangkutan juga menggunakan rompi anti peluru, saya kira akan ditindaklanjuti untuk dimakamkan di Biak," ujarnya.

Meski sudah diketemukan, pihaknya pun masih belum mengetahui atau memastikan penyebab tewasnya Yesaya tersebut. "Masih diotopsi di rumah sakit karena prosedurnya emang gitu untuk tahu penyebab kematiannya," ucapnya.

Sampai saat ini pun, pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap KKB yang telah menyerang anggota Polri dalam melakukan pengamanan Pilkada serentak 2018. "Sekarang masih melakukan pengejaran dengan anggota Brimob dan TNI yang ada di sana, mohon doanya semoga segera dituntaskan," tandasnya.

Serangkaian aksi penembakan dilakukan KKB di Papua saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Salah satunya penembakan terhadap dua aparat kepolisian dan pejabat setempat yang mengawal kotak suara di Distrik Torere, Kabupaten Puncak Jaya, 27 Juli 2018.

Seorang kepala distrik tewas dalam peristiwa tersebut. Sementara tiga orang lainnya hilang setelah berusaha menyelamatkan diri dengan terjun ke sungai.

Dengan ditemukannya Brigadir Sinton, maka jumlah korban penembakan yang hilang tersisa dua orang. Saat ini aparat gabungan masih melakukan pencarian.


Pemerintah gandeng negara Asia Pasifik atasi teror di Papua saat Pilkada
Kapolri ungkap kronologi penembakan pengawal logistik pilkada di Papua
Pemerintah akan tindak tegas kelompok bersenjata di Papua
Kapolri pastikan Pilkada di Nduga rampung 100 persen usai diteror KKB
Usai baku tembak dengan KKB, 1 polisi yang hilang di Papua ditemukan tewas
Hilang saat diadang KKB, anggota polisi ditemukan sudah meninggal dunia
Kapolri: Bila ada gangguan di Pilkada Papua, akan berhadapan dengan TNI/Polri

(mdk/ded)