Dipercaya Jadi Menkes, Dokter Terawan Diminta Jokowi Urus Stunting Hingga BPJS

PERISTIWA | 23 Oktober 2019 09:44 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kepala Pusat RSPAD Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan dalam Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Dokter yang dikenal dengan metode cuci otak ini ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Nila F Moeloek.

"Jenderal dokter Terawan Agus Putranto Menteri Kesehatan. Urusan stunting, layanan kesehatan, tata kelola BPJS berada di tangan beliau," kata Jokowi, yang membacakan nama menteri sembari duduk di Tangga Istana Merdeka, Rabu (23/10).

Kepastian menjadi Menkes sebelumnya telah dikatakan Terawan usai menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, semalam. Dia berjanji bakal melaksanakan amanah itu dengan baik.

"Tugas baru yang harus kita laksanakan, (menteri kesehatan?) ya benar," kata Terawan usai bertemu Jokowi di Istana Negara, Selasa (22/10).

Dengan jabatan baru ini, Terawan menyatakan akan mundur dari institusi TNI dan pensiun setelah dilantik besok. Dia ingin fokus membantu kepala negara di bidang kesehatan.

"Saya tinggal semua, saya harus fokus membantu bapak presiden sehingga visi misi beliau bisa tercapai dengan baik," ucapnya.

Dia menambahkan, saat pertemuan keduanya membahas seputar BPJS dan stunting atau kekurangan gizi terhadap balita.

"Diskusinya soal BPJS, stunting, harapan nya bisa terselesaikan dengan baik dan bisa membahagiakan semua," tandasnya. (mdk/gil)

Baca juga:
Senyum Dokter Terawan Seusai Bertemu Jokowi di Istana
Jokowi Tunjuk Dokter Terawan jadi Menkes
Dikabarkan Jadi Menteri Kesehatan, Dokter Terawan Dipanggil Jokowi
RSPAD Gatot Soebroto pakai standar maksimal periksa Jokowi-Ma'ruf
Vietnam Kepincut Terapi Cuci Otak Dokter Terawan
Ribuan Warga Vietnam Akan Jalani Terapi 'Cuci Otak' ala Dokter Terawan
Dokter Kepresidenan Sebut Kondisi Ani Yudhoyono Sempat Membaik Lalu Drop

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.