Dirut Transjakarta Donny Saragih Ternyata Terpidana Penipuan, Ini Rekam Jejaknya

PERISTIWA | 27 Januari 2020 14:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Anggota Ombudsman DKI Jakarta, Teguh P Nugroho meminta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan peninjauan ulang posisi Donny Andi S Saragih, yang kini menjabat Dirut Transjakarta. Donny Andi Saragih ternyata tengah menjalani pidana kasus penipuan.

Anggota Ombudsman DKI Jakarta, Teguh P Nugroho menjelaskan, awalnya mendapatkan laporan dari masyarakat terkait dugaan maladministrasi yang dilakukan Pemprov DKI. Ombudsman telah melakukan pelacakan awal atas laporan tersebut.

"Ada laporan ke kami, dari masyarakat apakah boleh seorang terpidana menjabat BUMD di lingkungan pemprov. Dari data itu, kami lakukan tracking, kami dapatkan info dan data terkait yang bersangkutan, sebetulnya terpidana penipuan," jelas Teguh saat dihubungi merdeka.com, Senin (27/1).

Dikutip dari berbagai sumber, Donny Andy S Saragih sebelumnya menjabat Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) ditunjuk menjadi Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta menggantikan Agung Wicaksono.

Kepala Divisi Sekretaris Perseroan dan Humas PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo mengungkapkan penunjukan Donny Andy dilakukan melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) PT Transjakarta pada Kamis (23/1/2020).

"RUPS LB mengangkat Saudara Donny Andy S Saragih sebagai Dirut," katanya, Kamis.

Andy Saragih yang merupakan kelahiran Tanjung Karang pada 1972 itu diketahui memang memiliki banyak pengalaman kerja di bidang transportasi. Mulai dari Toyota Rent A Car (TRAC) pada PT Astra International, Cipaganti, Hiba Utama, hingga Panorama Transportasi.

Nadia menuturkan, pengangkatan Donny sebagai direktur utama didasarkan pada pertimbangan untuk mengembangkan PT Transjakarta ke depannya.

"Di mana yang bersangkutan memiliki latar belakang pengalaman di bidang transportasi yaitu komisaris PT Alfa Omega Transport sejak tahun 2014 sampai dengan sekarang, Direktur Operasional PT Eka Sari Lorena Transport Tbk tahun 2007 sampai dengan 2017, dan saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta," bebernya. (mdk/ded)

Baca juga:
Ini Perkara Penipuan yang Menjerat Dirut Baru Transjakarta
Dirut Baru Transjakarta Ternyata Terpidana Penipuan
Wakil Ketua DTKJ Donny Andy Ditunjuk Sebagai Dirut Transjakarta
Ingin Fokus dengan Keluarga, Agung Wicaksono Mundur dari Dirut Transjakarta
Jembatan Penghubung Halte CSW dan Stasiun MRT ASEAN Dibangun Lima Lantai
Jembatan Penghubung Halte CSW dan Stasiun MRT ASEAN Mulai Dibangun, Selesai Agustus

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.