Disanksi Tak Digaji, Bupati Jember Mengaku Belum Terima Surat dari Gubernur Khofifah

Disanksi Tak Digaji, Bupati Jember Mengaku Belum Terima Surat dari Gubernur Khofifah
Bupati Jember, Faida. ©2020 Merdeka.com/Darmadi Sasongko
PERISTIWA | 9 September 2020 22:17 Reporter : Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjatuhkan sanksi administratif kepada Bupati Jember, Faida. Sanksi yang ditetapkan melalui Keputusan Gubernur tertanggal 2 September 2020 itu dalam bentuk 'tidak gajian' selama 6 bulan.

Bupati Faida menanggapi santai sanksi tersebut. Dia mengaku belum memegang surat sanksi itu.

"Saya memang belum pegang suratnya, saya membaca dari medsos, karena saya di Malang. Saya memahami, bahwa situasinya sedang seperti ini, saya memahami," kata Faida usai menjalani Tes Kesehatan untuk Pencalonannya Kembali di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang, Rabu (9/9).

Keputusan Gubernur tersebut menyebutkan bahwa sanksi dijatuhkan karena Bupati Jember terbukti sebagai pihak penyebab keterlambatan pembahasan RAPBD 2020. Penilaian tersebut berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat Provinsi Jawa Timur.

Faida mengaku heran dengan sanksi yang hanya dijatuhkan kepada eksekutif dalam hal ini Bupati Jember. Padahal dalam rekomendasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menyebutkan bahwa keterlambatan pembahasan RAPBD 2020 tersebut tanggung jawab Bupati dan DPRD.

"Ada yang saya herankan, karena rekomendasi dari Mendagri keterlambatan itu tanggung jawab Bupati dan DPRD. Tapi sanksi yang turun hanya untuk Bupati, tidak digaji. Saya paham soal itu. Saya kira akan ada hikmah yang besar," urainya.

Artinya, ditegaskan Faida, situasi saat ini sedang dalam situasi politik dan menjelang Pilkada. Sehingga dinamika politik harus dihadapinya.

"Saya pahamlah dinamika politik yang ada, dan saya pikir yang penting APBD bisa berjalan untuk rakyat, pembangunan bisa jalan, risiko sebagai pejabat politik, saya bisa menyadari," tegasnya.

Baca Selanjutnya: Penjelasan soal Raperda Molor...

Halaman

(mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami