Dishub Tangerang Pecat 6 Anggota Terlibat Pungli Truk Tambang

Dishub Tangerang Pecat 6 Anggota Terlibat Pungli Truk Tambang
Vandalisme di Pos Pantau Dishub Kabupaten Tangerang. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 27 September 2021 21:32 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, mengakui maraknya aksi pungutan liar oleh oknum petugas lapangan, saat menjalankan tugas kedinasan di wilayah administrasi kabupaten Tangerang. Sedikitnya, sepanjang 2019 sampai 2021 ini, 6 petugas Dishub Kabupaten Tangerang, diberhentikan karena terbukti melakukan pungli.

"Selama saya menjabat dari 2019 sampai 2021 ini sudah 6 petugas saya yang terbukti melakukan pungli saya berhentikan. Semua anggota tahu risikonya pasti dipecat," ungkap Kepala Dishub Kabupaten Tangerang, Agus Suryana, dikonfirmasi, Senin (27/9).

Dia menyatakan, tuduhan pungli oleh masyarakat Legok-Pagedangan yang dialamatkan pada jajarannya, tidak bisa dibuktikan. Menurutnya, pungli di ruas Jalan Parungpanjang, Legok itu dilakukan oleh oknum masyarakat.

"Preman kampung itu. Kalau dibilang preman itu disuruh orang Dishub saya percaya. Tapi tunjukkan ke saya siapa petugas Dishubnya. Mana bisa saya menindak kalau engga ada buktinya, saya sering tanya mereka kan ngakunya engga (pungli)," jelas Agus.

Dia berharap, persoalan pungli yang juga telah merugikan institusi dan pengguna jalan terutama sopir truk dan pengusaha jasa angkutan truk, bisa ditindak tegas Kepolisian.

"Itukan ranahnya Polisi. Kalau oleh masyarakat seperti itu kami juga tidak bisa memeriksa mereka. Makanya kalau pungli ini benar oleh petugas Dishub, tunjukkan ke saya," ucapnya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Moeldoko: Tidak Boleh Ada Lagi Pungli dan Perizinan Berbelit
Ribut dengan Penghuni, Kepala Sekuriti Perumahan di Kembangan Jakbar jadi Tersangka
Mahfud MD Ceritakan Penasihat Satgas Saber Pungli Jadi Sasaran Pungutan Liar
Mahfud MD: Kasus Pungli Sudah Sangat Berkurang
Polisi Usut Dugaan Pungli Terkait Keributan Sekuriti dan Penghuni Kompleks di Jakbar
Kutip Uang Rp20 Juta, Calo Proyek di Aceh Ditangkap Polisi

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami