Disinggung Penyelesaian Pelanggaran HAM Papua, Jokowi Minta Wartawan Tanya Mahfud MD

PERISTIWA | 27 Oktober 2019 19:01 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak menjawab dengan detail rencana pemerintah menyelesaikan kasus pelanggaran HAM di tanah air. Termasuk pelanggaran HAM di Papua beberapa waktu lalu.

Jokowi hanya menjawab singkat. Presiden memerintahkan Menko Polhukam Mahfud MD untuk menyelesaikan kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Salah satunya yang terjadi di Papua.

"Nanti coba ditanyakan ke Pak Menko Polhukam. Saya sudah perintahkan di sana untuk diselesaikan satu per satu," ucap Jokowi usai meninjau Pasar Irai Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat, Minggu (27/10).

Komnas HAM mendesak pemerintah segera menyelesaikan konflik yang terjadi di Papua beberapa waktu lalu. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu diminta untuk berdialog dengan semua elemen masyarakat dan penyelesaian pelanggaran kasus HAM berat Wasior, Wamena, dan evaluasi menyeluruh pelaksanaan Otsus Papua.

Sementara itu, Menko Polhukam Mahfud Md berjanji menyelesaikan kasus HAM di tanah air. Sesuai instruksi Jokowi.

"Saya sudah mendapat banyak hal yang menjadi persis apa yang diinginkan oleh Pak Jokowi. Pelanggaran HAM selalu jadi masalah, tidak pernah dibiarkan terus (terjadi pelanggaran HAM) tentu akan saya lanjutkan apa yang sudah dilakukan," katanya di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta Pusat, Rabu 23 Oktober 2019.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Burhanuddin Akan Hentikan Kasus HAM Berat Jika Syarat Formil-Materiel Tak Terpenuhi
Mahfud Janji Bahas Kasus HAM Masa Lalu: Harus untuk Kepentingan Bangsa dan Negara
Aktivis HAM Kritisi Pengangkatan Prabowo Jadi Menteri
Keluarga Peristiwa Semanggi Sebut Jokowi Jauh dari Sila Ke-2 Pancasila
Menko Polhukam Mahfud MD Targetkan Selesaikan Kasus HAM
Jadi Anggota Dewan HAM PBB, Pemerintah Diharapkan Tuntaskan Masalah HAM

(mdk/noe)