Distributor Petasan di Banda Aceh Ditangkap, Polisi Amankan Barang Bukti

Distributor Petasan di Banda Aceh Ditangkap, Polisi Amankan Barang Bukti
borgol. shutterstock
PERISTIWA | 22 April 2021 22:33 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Distributor petasan atau mercon ditangkap dalam razia yang digelar Satreskrim Polresta Banda Aceh. Polisi mengamankan 27 kotak kecil petasan merek blooming flower dan joyful warna kuning.

"Semua ini dilakukan demi memelihara Harkamtibmas, terlebih umat Muslim sedang menjalankan ibadah bulan Ramadan satu bulan penuh," kata Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh AKP M Ryan Citra Yudha, Kamis (22/4). Dikutip dari Antara.

Kemudian, barang bukti yang diamankan adalah sebanyak 32 kotak kecil petasan warna kuning merek happy flower dan 182 batang petasan merek roman candle tiger 0,8 5s.

"Pemilik dan barang bukti tersebut dibawa dan diamankan ke Mapolresta, selanjutnya dimintai keterangan sehubungan dengan usaha yang dikelolanya," ujarnya.

Ryan menyampaikan, razia petasan ini dilakukan hingga menjelang lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah mendatang, polisi juga akan menindak terhadap siapa saja yang menggunakan atau memperjualbelikan petasan.

"Kita akan terus melakukan berbagai upaya untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan warga melaksanakan ibadah Ramadhan," kata Ryan.

Kata Ryan, kepemilikan dan penggunaan bahan peledak termasuk petasan dapat melanggar Undang-undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 dan juga bisa dijerat dengan pasal 187 KUHP. (mdk/cob)

Baca juga:
Bubuk Petasan Picu Ledakan di Magelang, 1 Warga Tewas dan 1 Luka Berat
Nekat Main Petasan saat Ramadan, 27 Anak di Solo Diamankan Satpol PP
Kebakaran Gudang Mebel di Cakung Diduga akibat Petasan
Petasan Meledak di dalam Rumah, Anak Tewas dan Ibu Terluka
Rumah Bupati Kediri Diteror Petasan, Pelaku 2 Orang Berboncengan Sepeda Motor
Residivis Pembuat Petasan Meninggal Saat Hendak Perbaiki Mercon Gagal Meletus

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami