Ditangkap KPK, Ini Profil & Perjalanan Karier Bupati Indramayu

PERISTIWA | 15 Oktober 2019 11:39 Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pejabat daerah. Kali ini Bupati Indramayu, Supendi yang terkena OTT.

Supendi ditangkap terkait dugaan transaksi proyek di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Indramayu. Lantas siapakah Supendi, berikut profilnya:

1 dari 4 halaman

Baru Dilantik Februari 2019

Supendi belum setahun menjabat sebagai Bupati Indramayu. Dia baru dilantik pada 7 Februari 2019. Supendi menjadi bupati menggantikan Anna Sophana yang mengundurkan diri pada November 2018. Sebelum dilantik menjadi bupati, Supendi yang menjabat wakil bupati sempat mengisi jabatan sebagai bupati definitif.

2 dari 4 halaman

Ketua DPD Partai Golkar Indramayu

Saat maju dalam Pilkada periode 2016-2021 bersama Anna Sophana, Supendi diusung oleh partai PKS, Gerindra dan Demokrat. Tak hanya itu saat ini dia masih menjabat Ketua DPD II Partai Golkar Indramayu.

Supendi terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golkar Indramayu, pada 2018 lalu.

3 dari 4 halaman

Pernah Jadi Camat

Bupati Indramayu Supendi merupakan kelahiran Indramayu 14 Agustus 1958. Dia merintis karier dari Pegawai Negeri Sipil di Pemkab Indramayu.

Pada tahun 1989, dia pernah menjabat sebagai Sekretaris Camat (Sekcam) di Kecamatan Gabus Wetan Cikedung, Kabupaten Indramayu. Kariernya terus meningkat hingga pada 1993-1998, dia menjabat Camat Kroya. Setelah itu Supendi dipercaya menjabat kepala bidang di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Indramayu sejak tahun 2000 hingga 2002.

Kemudian pada 2003, Supendi menjabat sebagai kepala Dinas Pemuda dan Olahraga. Dia juga sempat dipercaya menjabat kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aser Daerah (DPPKAD) Pemkab Indramayu dan sekretaris daerah Kabupaten Indramayu.

4 dari 4 halaman

Aktif Berorganisasi

Sebelum menjadi Bupati Indramayu, Supendi dikenal sebagai orang yang aktif berorganisasi. Dia sempat menjadi Ketua DPK Korpri Indramayu tahun 2009-2014.

Kemudian menjabat ketua ICMI Orda Indramayu Tahun 2009-2014, dan Ketua Kominda Kabupaten Indramayu Tahun 2009-2014.

Selain itu, Supendi menjabat Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Indramayu Tahun 2009-2014, dan Ketua Dewan Penasehat PC Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Kabupaten Indramayu Tahun 2010. (mdk/dan)

Baca juga:
Kena OTT KPK, Supendi Belum Setahun Menjabat Sebagai Bupati Indramayu
Bupati Indramayu Ditangkap KPK, Wabup Mengaku Tak Tahu Kasusnya
OTT Bupati Indramayu Terkait Proyek di Dinas PU
KPK Dikabarkan OTT Bupati Indramayu
OTT Bupati Indramayu, KPK Cokok 8 Orang dan Uang Ratusan Juta