Ditanya soal Satpol PP, Sylvi sebut Agus ahli keamanan

Ditanya soal Satpol PP, Sylvi sebut Agus ahli keamanan
PERISTIWA | 10 Februari 2017 21:33 Reporter : Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Dalam debat terakhir Pilgub DKI, calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan meminta saran pada calon wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut satu, Sylviana Murni agar Satpol PP tidak menakutkan dan menghadirkan ancaman pada pedagang kaki lima (PKL).

"Bu Sylvi pernah memimpin Satpol PP, apa nasehat ibu untuk kami?" tanya Anies di Hotel Bidakara, Jumat (10/2).

Sylvi menanggapi pernyataan Anies. Dia mengatakan, Satpol PP bisa dikelola dengan lebih humanis. PKL tidak harus digusur tapi bisa ditata dengan lebih manusiawi. Dia mencontohkan penataan PKL di Jalan Sabang yang disebutnya terbaik se-Asia pada 2010.

Sylvi mengatakan, memimpin Satpol PP harus dengan hati, tapi juga tegas. Dia lantas memuji sosok Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut satu, Agus Yudhoyono.

"Saya bersyukur bisa dampingi Mas Agus yang memang ahli keamanan," ujar Sylvi.

Agus Yudhoyono menambahkan, Satpol PP harus dibina dan diberdayakan sesuai tupoksinya. Satpol PP membantu tugas Gubernur melakukan penertiban dan penataan.

"Bukan mengusir secara tidak manusiawi. PKL harus diberdayakan sebagai penggerak ekonomi kerakyatan," imbuhnya.

Putera sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ini menuturkan, pemimpin Jakarta butuh kreativitas dan imajinasi dalam melakukan penertiban agar lebih manusiawi. Agus mengkritik pemimpin Jakarta yang hanya menggusur.

"Jangan yang lemah pasti tergusur, lalu yang miliki kemampuan di atas segalanya. Harus berkeadilan. Tangan Pemprov termasuk Satpol PP harus gunakan hati nurani. memang klise tapi ini esensi kepemimpinan. Bukan kekerasan atas nama penertiban gusur selamanya. Menyakiti dan menghadirkan trauma," imbuhnya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami