Diterpa cuaca dingin, pendakian Gunung Lawu ditutup sementara

PERISTIWA | 29 Juli 2015 15:20 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Jalur pendakian ke Gunung Lawu di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, di Kabupaten Karanganyar ditutup sementara. Penutupan jalur dari Posko Cemoro Kandang itu disebabkan terpaan cuaca dingin dikhawatirkan akan membahayakan para pendaki.

"Untuk sementara jalur pendakian dari Cemorokandang dengan alasan cuaca buruk. Penutupan kita lakukan setelah berkoordinasi dengan Perhutani," kata Kapolsek Tawangmangu, AKP Riyanto, saat ditemui wartawan di Posko Cemoro Kandang, Rabu (29/7).

Sementara itu, hingga saat ini tujuh pendaki remaja dan bocah hilang di Gunung Lawu belum ditemukan. Berdasarkan informasi dari posko dan keluarga pendaki, hilangnya mereka pertama kali dilaporkan oleh Inal, orang tua pendaki bernama Abdul, Sasi dan Refi. Kepada petugas posko, Inal mengatakan ketiga anaknya dan empat rekannya berpamitan mendaki ke Gunung Lawu dengan perbekalan seadanya. Mereka akan berada di sana dari 25 hingga 27 Juli. Namun saat seharusnya kembali, mereka tak kunjung menampakkan diri.

Inal yang mencari hingga Posko 4 harus kembali turun karena tidak kuat dengan cuaca dingin. Karena anak-anaknya tak kunjung kembali, Inal melaporkan kejadian tersebut ke Posko Cemoro Kandang.

"Ketujuh pendaki naik pada 25 Juli sekitar pukul 15.00 WIB, seharusnya sudah kembali turun pada 26 Juli sore," kata salah seorang petugas jaga di Posko Cemoro Kandang.

Sementara itu, Joko Mulyadi, orang tua pendaki Maya Mega Pratiwi menambahkan, putrinya memang berpamitan mendaki Gunung Lawu bersama teman-temannya. Namun sayang mereka tidak membawa perbekalan memadai.

"Anak saya memang berpamitan untuk naik gunung, tapi saya tidak memberikan uang saku, karena pamitnya hanya untuk camping. Mereka sudah terbiasa camping," kata Joko.

Berita lainnya:

6 ABG dan 1 bocah pendaki Gunung Lawu hilang kontak

Cari 7 ABG yang hilang di Gunung Lawu, 6 jalur pendakian diobok-obok

7 pendaki Gunung Lawu belum ditemukan, BPBD kerahkan tim gabungan

7 ABG yang hilang di Gunung Lawu ditemukan dalam kondisi sehat (mdk/ary)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.