Ditolak Pemerintah Bali, 17 Mahasiswa Timor Leste dari Wuhan Dikarantina di NTT

Ditolak Pemerintah Bali, 17 Mahasiswa Timor Leste dari Wuhan Dikarantina di NTT
PERISTIWA | 6 Februari 2020 08:03 Reporter : Ananias Petrus

Merdeka.com - Pemerintah Republik Democratic Timor Leste meminta bantuan pemerintah Indonesia untuk melakukan karantina 17 mahasiswanya dari Wuhan, China. Belasan mahasiswa itu sebelumnya direncanakan akan dikarantina di Bali. Namun karantina batal karena mendapatkan penolakan dari pemerintah setempat.

Demi kemanusiaan, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menyatakan bersedia menerima permintaan karantina terhadap 17 mahasiswa Timor Leste dari Wuhan tersebut.

"Hal ini dilakukan jika ada perintah langsung dari Presiden kepada pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur, karena sudah mendapatkan penolakan dari Pemerintah provinsi Bali," kata Karo Humas Setda Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu, Kamis (6/2).

Menurut Marius, pihaknya akan memastikan para mahasiswa itu negatif virus corona selama dikarantina sebelum diserahkan ke pihak Timor Leste.

"Kita akan pastikan mereka negatif terpapar virus Corona, sehingga kita akan memperlakukan mereka secara special medical pada saat karantina, hingga diserahakan ke Timor Leste secara sehat," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Pemprov NTT tinggal menunggu perintah Presiden Jokowi untuk mengkarantina mahasiswa tersebut. Pihaknya juga telah menyiapkan ruang isolasi di Rumah Sakit Jiwa Naimata.

"Ini orang sementara susah dan membutuhkan bantuan, maka kita harus bantu mereka yang juga adalah saudara kita. Jika mendapat mandat dari Presiden Joko Widodo, maka kita akan siapkan peralatan termasuk ruang isolasi yang direncanakan dibangun di Rumah Sakit Jiwa Naimata," jelas Marius.

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor B. Laiskodat, kata dia, telah memerintahkan direktur RSUD W Z Yohanes, RSU Siloam Kupang dan Kepala Dinas Kesehatan, agar menyiapkan semua peralatan medis sambil menunggu perintah Presiden. (mdk/ray)

Baca juga:
Bertemu Sultan HB X, Presiden Singapura Sempat Singgung Soal Wabah Virus Corona
Aktivitas Relawan Siapkan Persediaan Medis di Wuhan
Giliran Thailand Evakuasi Warganya dari China Akibat Virus Corona
Harga Bawang Putih Melejit, Pemkot Solo Minta Pemerintah Buka Kran Impor
Khawatir Virus Corona, Gel Pembersih Tangan di London Ludes Terjual

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami