Dituding Langgar HAM, Menkum Yasonna Bilang 'Siapa Cekal Habib Rizieq?'

Dituding Langgar HAM, Menkum Yasonna Bilang 'Siapa Cekal Habib Rizieq?'
PERISTIWA | 13 November 2019 21:33 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Ketum Front Pembela Islam (FPI) Sobri Lubis, menuding pencekalan pentolan FPI Habib Rizieq pulang ke Indonesia sebagai bentuk pelanggaran HAM berat yang dilakukan pemerintah.

Merespons itu, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly menegaskan, tak ada pelanggaran HAM terkait isu pencekalan Rizieq yang tidak bisa pulang dari Arab Saudi ke Indonesia. Dia mengklaim, pemerintah tidak pernah melakukan pencekalan terhadap Rizieq.

"Nggak ada, nggak ada (pelanggaran HAM berat)," ujar Yasona di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11).

Politikus PDIP itu menegaskan, pemerintah tidak pernah mencekal Rizieq untuk pulang ke Indonesia. Menurutnya, bila pemerintah melakukan pencekalan, maka Rizieq tidak mungkin bisa bepergian ke luar negeri.

"Siapa yang cekal? Nggak ada yang cekal. Kalau dia dicekal nggak bisa berangkat dia, pak Habib nggak bisa ke luar negeri," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Tudingan FPI...

Halaman

(mdk/rnd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami