Djoko Tjandra Berkenalan dengan Brigjen Prasetijo saat Dijemput di Pontianak

Djoko Tjandra Berkenalan dengan Brigjen Prasetijo saat Dijemput di Pontianak
PERISTIWA | 27 November 2020 14:12 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Ketiga Terdakwa Djoko Tjandra, Brigjen Prasetijo Utomo, dan Anita Kolopaking lanjutkan sidang perkara surat jalan palsu sebagai saksi dalam agenda pemeriksaan silang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat (27/11).

Dalam sidang, Djoko Tjandra yang diberikan kesempatan pertama untuk memberikan keterangan, menceritakan awal mula proses masuk ke Tanah Air untuk mengurus Peninjauan Kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 8 Juni 2020.

Hal itu dilakukan Djoko Tjandra, karena seorang pemohon wajib hadir dalam proses pendaftaran PK, sesuai Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 1 Tahun 2012 tentang Permohonan Pengajuan PK dalam Perkara Pidana.

Oleh sebab itu, pada 5 Juni 2020, Djoko Tjandra berangkat dari Kuala Lumpur menuju Pontianak. Nantinya, dari Pontianak Djoko Tjandra akan bertolak ke Jakarta pada 6 Juni 2020 menggunakan pesawat sewaan.

Kemudian, pada 6 Juni 2020 pagi, Djoko Tjandra tiba di Bandara Supadio Pontianak pagi hari. Di lokasi sudah ada Anita Kolopaking, Prasetijo, dan Johny Andrijanto.

"Yang jemput saya saat itu Ibu Anita, Pak Prasetijo, dan Johny di bandara Supadio pada tanggal 6 Juni pagi hari," ungkap Djoko Tjandra di ruang persidangan.

Saat bertemu itulah, Djoko Tjandra mengaku baru mengenal Prasetijo selaku Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri.

"Waktu dikenalkan, Pak Pras itu Karo PPNS. Terus terang, saya saat itu tidak tahu apa itu Karo PPNS," sambungnya.

Selanjutnya, Djoko Tjandra mengatakan selama perjalanan menuju Jakarta dari Pontianak Djoko Tjandra bersama Anita dan Prasetijo membahas soal masalah antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Mulia Group. Sebab, sebelumnya Djoko Tjandra telah meminta Anita untuk mempelajari masalah tersebut.

"Sebelum Anita datang, beliau saya kasih tugas untuk membahas masalah OJK dan Mulia Group," beber Djoko Tjandra.

Baca Selanjutnya: Djoko Tjandra Ceritakan Kasus dengan...

Halaman

(mdk/rhm)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami