DKI Terapkan PSBB Jilid II, Penerbangan Palembang-Jakarta Tetap Normal

DKI Terapkan PSBB Jilid II, Penerbangan Palembang-Jakarta Tetap Normal
PERISTIWA | 17 September 2020 12:52 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Meski Jakarta kembali menerapkan perbatasan sosial berskala besar (PSBB), penerbangan rute Palembang-Jakarta atau sebaliknya masih normal. Hanya saja syarat rapid test tetap diberlakukan.

Plt Executive General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang Khaerul Assidiqi mengungkapkan, penerbangan rute Palembang-Jakarta atau sebaliknya selama masa PSBB Jakarta tercatat 40 penerbangan per hari. Jumlah itu tidak terjadi pengurangan ketimbang di hari-hari sebelumnya.

"Walaupun ada PSBB di Jakarta, belum ada pengaruh di bandara SMB, pesawat yang datang atau terbang dari Jakarta masih 40 flight, itu masih normal," ungkap Khaerul, Kamis (17/9).

Dikatakan, penerapan protokol kesehatan dalam penerbangan menjadi wajib. Calon penumpang harus melampirkan surat keterangan bebas Covid-19 berdasarkan rapid test dan mengenakan masker.

"Aturan itu wajib dipatuhi semua calon penumpang agar tidak terjadi penularan," ujarnya.

Dia menjelaskan, maskapai yang melakukan penerbangan dari dan menuju Bandara SMB II Palembang diantaranya Garuda Indonesia, City Link, Lion Air, dan Batik Air. Sejauh ini belum ada penurunan penerbangan di bandara itu sejak kembali dibuka beberapa bulan lalu.

"Pergerakan penumpang dan penerbangan selama ini tetap stabil, jumlah penerbangan setiap maskapai bervariasi," kata dia.

Untuk mencegah penularan baik dari orang yang datang maupun meninggalkan Palembang dilakukan pengetatan pemeriksaan di pintu kedatangan bandara. Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang menerapkan standar pemeriksaan Covid-19 sesuai petunjuk WHO.

"Semua daerah asal, terutama daerah wabah dilakukan pemeriksaan ketat. Penumpang yang memiliki gejala corona langsung ditindaklanjuti dan selanjutnya direkomendasikan isolasi untuk mencegah penularan jika positif Covid-19," kata Kepala KKP Palembang Nur Purwoko. (mdk/rhm)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami