Dokter Spesialis di Palembang Ingatkan Potensi OTG Virus Corona pada Anak

Dokter Spesialis di Palembang Ingatkan Potensi OTG Virus Corona pada Anak
PERISTIWA » MAKASSAR | 7 Juni 2020 07:32 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Virus corona tidak hanya menyerang orang dewasa, namun juga anak kecil. Dokter Irwan Effendy, Biomed Spesialis anak dari rumah sakit Siloam Sriwijaya Palembang mengatakan, bahwa dalam berbagai survei menyatakan anak sangat mungkin menjadi orang tanpa gejala (OTG) dan carrier penularan virus corona.

Selain melalui droplet, penularan Covid-19 bisa melalui feses atau kotoran BAB. Gejala anak yang terpapar Covid-19 seperti batuk, pilek, demam disertai diare.

"Hendaknya langsung dikonsultasikan ke dokter dibantu dengan pengobatan dan isolasi di rumah," kata Irwan, Jumat (5/6). Dikutip dari Liputan6.com.

Apabila gejala semakin bertambah disertai sesak napas, tidak mau makan, demam tinggi bahkan diare yang berlebihan, segera dibawa ke rumah sakit.

Irwan juga mengimbau agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Lalu, asupan Vitamin C dan D yang cukup sangat dianjurkan kepada anak, sebagai peningkatan imun dalam mencegah terpapar Covid-19.

Vitamin C selain dari sayuran dan buah buahan, yang juga bisa didapat dari vitamin kemasan yang beredar.

"Vitamin D adalah sinar matahari yang juga harus bisa didapatkan anak dengan menjauhi keramaian," ujarnya.

Pada anak-anak, lanjutnya, dianjurkan mengurangi kontak dengan keramaian. Apalagi tanpa physical distancing yang benar, sangat beresiko penularan virus tersebut.

"Saya mengimbau orang tua untuk melindungi buah hati di masa pandemi," katanya.

Menurutnya, ada istilah M-COVID dari dokter spesialis anak ini, yaitu masker digunakan kalau harus keluar rumah, cuci tangan sering, obati kalau terserang penyakit, vaksinasi tetap berjalan, imunitas ditingkatkan dan jaga jarak.

Dilanjutkannya, vaksinasi pada anak harus terus dijalankan dan RS Siloam Hospital Groups masih terus memberikan pelayanan vaksinasi anak.

"Ada layanan drive thru yang diharap dapat membantu anak, dalam menghindari keramaian yang rentan menjadi resiko penularan Covid-19 ini," ujarnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Pasien Covid-19 di Wisma Atlet dan Pulau Galang Terus Berkurang
4 Fakta Bayi Usia 50 Hari Positif Corona di Cirebon, Sempat Dibawa ke Tempat Hajatan
RT di Menteng Dalam Karantina 5 Buruh Proyek yang Baru Tiba dari Daerah
Puluhan Orang 'Serbu' RS di Makassar, Ambil Paksa Jenazah PDP Covid-19
Unhas Gelar Tes Swab Usai 3 Pegawai Positif Covid-19
Kadis PU Natuna Positif Virus Corona

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5