Doni Monardo: Jangan Lengah Covid-19, Pilkada Belum Usai

Doni Monardo: Jangan Lengah Covid-19, Pilkada Belum Usai
Letjen Doni Monardo. ©2020 Merdeka.com/Rifa Yusya Adilah
PERISTIWA | 9 Desember 2020 17:59 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengingatkan seluruh pihak agar jangan lengah terhadap bahaya COVID-19 dan berpikir bahwa tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 telah berakhir dengan selesainya pemungutan suara.

"Pilkada ini belum berakhir hari ini saja, untuk kegiatan penghitungan kemungkinan-kemungkinan terjadi kerumunan masih tetap ada, oleh karenanya jangan lengah jangan kendor," kata Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo di Jakarta, Rabu (9/12).

Doni mengingatkan itu karena sejumlah wilayah menunjukkan tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan sangat tinggi bahkan mencapai 96 persen. Hal itu berpotensi membuat semua pihak lalai atau lengah karena berpikir angka kepatuhan tersebut akan tetap berada di angka tersebut.

"Oleh karenanya jangan lengah, jangan kendor, selalu cerewet, selalu nyinyir, selalu mengingatkan (protokol kesehatan). Karena tadi pagi kami melihat perkembangan seluruh provinsi ada yang tingkat kepatuhan rendah, peringatan yang diberikan petugas juga rendah sekali," ucap dia.

Namun, ketika pejabat terkait-nya diingatkan langsung, menurut Doni tingkat kepatuhannya terhadap protokol kesehatan langsung membaik.

"Artinya apa kalau ada pemberitahuan dan segera ditindaklanjuti pasti akan ada perubahan dan ini yang kita harapkan kerja sama antara pusat dan daerah berjalan dengan baik," ucap Doni.

Hal itu menurut dia semata-mata demi keselamatan bangsa dan keamanan masyarakat dari ancaman COVID-19, sehingga tidak ada yang terpapar akibat lalai protokol kesehatan dalam gelaran pilkada.

"Dan ini adalah salah satu tantangan besar bangsa kita yang hidup dalam alam demokratis, bisa menjalankan pilkada dalam keadaan aman dan tertib seperti ini merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan," ujarnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Suasana Pencoblosan di Rumdin Wali Kota Semarang Tempat Isolasi Pasien Covid-19
Hari Ini, Kasus Covid-19 di Jakarta Naik 1.217, Disusul Jawa Barat 908
Satgas Covid-19 Tegur 128 Ribu Pemilih Pilkada 2020 Pelanggar Protokol Kesehatan
Update 9 Desember: Kasus Positif Covid Bertambah 6.058, Sembuh 3.948
Satgas Covid-19: Tahapan Pilkada Belum Berakhir, Masih Ada Kemungkinan Kerumunan

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami