DPR Minta Pemerintah Sosialisasikan Cara Pencegahan Virus Corona ke Pemda

PERISTIWA | 28 Januari 2020 12:31 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Ketua DPR RI Puan Maharani mengimbau masyarakat Indonesia tidak panik mengenai wabah virus corona. Dia berpesan supaya warga mengikuti panduan dari pihak kesehatan guna mencegah virus tersebut.

"Masyarakat jangan panik, ikuti prosedur pencegahan dan penanganan yang disarankan petugas kesehatan," katanya, Selasa (28/1).

Untuk mengatasi simpang siur informasi, Puan meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan membuat pernyataan tentang data sebenarnya tentang virus corona.

"Sekaligus memberi keyakinan dengan menunjukkan pada masyarakat bahwa pemerintah bekerja untuk mencegah masuknya virus corona," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Politikus PDIP itu melanjutkan, DPR meminta pemerintah meningkatkan kewaspadaan dan tidak bertindak business as usual terhadap isu virus ini. Dia bilang, upaya pencegahan harus dimaksimalkan termasuk memastikan persiapan maksimal alat dan tenaga medis negara.

"Kementerian kesehatan bersama instansi terkait perlu menjelaskan protokol-protokol pencegahan virus corona masuk ke wilayah RI serta penanggulangannya bila virus itu sudah masuk ke wilayah RI," jelasnya.

Puan meminta pemerintah harus segera menyusun dan mensosialisasikan langkah-langkah pencegahan dan penanganan virus corona ke pemerintah daerah sesuai protokol pencegahan serta penanganan nasional. Mengingat banyaknya warga atau turis dari negara-negara yang sudah mengidentifikasi kasus virus Corona yang masuk ke daerah-daerah.

"Protokol pencegahan termasuk ditinjau apakah perlu atau dalam kondisi apa dianggap perlu ada larangan bagi warga/orang yang baru mengunjungi China agar dilarang masuk wilayah RI untuk sementara," pungkasnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Virus Corona Menyebar, China Tambah Produksi Masker dan Baju Pelindung
China: Virus Corona Bisa Menular dari Batuk dan Bersin
Pemerintah Waspadai Meluasnya Dampak Virus Corona pada Ekonomi
Tunggu WHO Soal Corona, RI Belum Keluarkan Travel Warning ke China
Harga Minyak Dunia Turun 10 Persen Akibat Virus Corona, Harga BBM Bakal Murah?
Pemerintah Jelaskan Alasan Belum Keluarkan Travel Warning ke China
Pimpinan Komisi I DPR Minta Kemenlu Bantu Evakuasi 12 Mahasiswa Aceh di Wuhan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.