DPR Sahkan Komjen Idham Azis Jadi Kapolri Gantikan Tito Karnavian

DPR Sahkan Komjen Idham Azis Jadi Kapolri Gantikan Tito Karnavian
PERISTIWA | 31 Oktober 2019 16:58 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan Komjen Idham Azis menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal (Purn) Tito Karnavian. Pengesahan dilakukan dalam rapat paripurna ke-5 Masa Sidang I Tahun 2019-2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/10).

Rapat dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani. Dia didampingi oleh Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin, Wakil Ketua Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Rachmat Gobel dan Wakil Ketua Muhaimin Iskandar.

Sebelum diambil keputusan soal Idham Azis, terlebih dahulu Ketua Komisi III DPR Herman Hery sebagai pihak yang melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Kapolri memberikan laporan. Rapat dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.

"Apakah laporan Komisi III DPR RI tentang uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri tersebut bisa disetujui?," tanya Puan.

"Setuju," jawab peserta rapat.

Puan mengucapkan selamat pada Idham. Dia berharap eks Kabareskrim itu bisa menjalankan tugasnya dengan baik sebagai Kapolri. "Semoga dapat menjalankan tugas dengan baik dan amanah," ucapnya.

Usai disahkan, Idham akan segera dilantik oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Sebelumnya, Komisi III DPR telah menyetujui Komjen Idham Azis sebagai Kapolri yang baru secara aklamasi. Keputusan tersebut berdasarkan keputusan masing-masing fraksi partai dalam uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri.

"Seluruh fraksi aklamasi untuk setujui Komjen Idham menjadi kapolri. Yang mana sore ini keputusan tingkat pertama dan sore ini bersurat pada pimpinan DPR untuk besok agendakan dalam rapat paripurna," kata Ketua Komisi III Herman Herry. (mdk/ray)

Baca juga:
Siang Ini DPR Sahkan Komjen Idham Azis Sebagai Kapolri
KPK Taruh Harapan Besar Idham Azis Mampu Ungkap Kasus Novel Baswedan
Tak Singgung Kasus Novel Baswedan saat Uji Idham Azis, Ini Alasan Komisi III DPR
Tak Tuntas di Era Tito, Akankah Kasus Novel Terungkap Saat Idham Azis Jadi Kapolri?
LHKPN: Harta Calon Kapolri Idham Aziz Rp5,5 Miliar

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami