DPRD Minta Bupati Bogor Lanjutkan Pemberian Bansos Tunai bagi Warga Terdampak Corona

DPRD Minta Bupati Bogor Lanjutkan Pemberian Bansos Tunai bagi Warga Terdampak Corona
Penyaluran bansos tunai. ©Liputan6.com/Johan Tallo
PERISTIWA | 5 April 2021 23:31 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) DPRD Kabupaten Bogor meminta Bupati Ade Yasin menyiapkan anggaran bantuan sosial (bansos) tunai, untuk meringankan beban masyarakat tidak mampu akibat pandemi Covid-19. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Agus Salim menjelaskan, usulan itu sudah disampaikan dalam surat rekomendasi kepada bupati yang disetujui oleh seluruh fraksi DPRD Kabupaten Bogor.

"Kami semua sepakat agar bansos dilanjutkan. Tapi tidak dalam bentuk natura, melainkan bantuan tunai untuk mengantisipasi bantuan yang tidak tepat sasaran," kata Agus Salim, Bogor, Senin (5/4).

Selain itu, Pemkab Bogor diminta agar menetapkan standarisasi dan klasifikasi dalam pemberian bansos dengan menggunakan kajian prediksi skenario terburuk terhadap jumlah masyarakat terdampak Covid-19 setidaknya hingga enam bulan ke depan.

Politikus PKS tersebut juga meminta agar Pemkab Bogor tidak kendor dalam menangani pandemi Covid-19. Upaya pemulihan ekonomi dengan melonggarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kata dia, harus diiringi langkah yang ketat untuk mencegah penularan virus.

"Untuk itu, Dinas Kesehatan wajib mem-publish secara berkala baik kepada kepala daerah maupun DPRD terkait ketersediaan sarana dan prasarana penunjang Covid-19 melalui mekanisme surat atau rapat-rapat," tegasnya.

Selain itu, lanjut Agus, DPRD juga meminta agar Dinkes menyiapkan sistem konsultasi digital antara pasien Covid-19 dengan tenaga medis yang melakukan isolasi mandiri dirumah dengan gejala ringan.

"Sinkronisasi data Covid-19 baik manual maupun digital baik Dinas Kesehatan, GTPPC 19, Si Tegar dan produk data lainnya agar memberikan kemudahan informasi kepada masyarakat Kabupaten Bogor," tegasnya. (mdk/cob)

Baca juga:
BST Berakhir April, Kemensos Siapkan Bantuan Pangan Non Tunai Rp200 Ribu
Pimpinan DPR Minta Kemensos Pertimbangkan Lagi Setop BST
Pemerintah Lanjutkan Program BLT Rp1,2 Juta untuk UMKM
Bupati Bandung Barat Diduga Terima Rp1 Miliar Terkait Korupsi Bansos Covid-19
Juliari Batubara & 2 Tersangka Korupsi Bansos Covid-19 Segera Disidang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami