DPRD Solo Pastikan Pasar Legi dan Klewer Timur Segera Direvitalisasi

PERISTIWA | 23 November 2019 02:03 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - DPRD Kota Solo memastikan revitalisasi dua pasar besar di Kota Solo segera dilakukan. Kedua pasar tersebut adalah Pasar Legi yang terbakar akhir Oktober tahun lalu dan Pasar Klewer timur yang lama dirobohkan.

Pembangunan Pasar Legi akan dilakukan tahun depan sesuai rencana pemerintah daerah. Sedangkan Pasar Klewer sudah ada pemenang lelangnya.

Anggota Komisi III DPRD Kota Surakarta Abdul Ghofar Ismail mengatakan saat ini Pasar Legi sedang proses pembuatan DED (Detail Engineering Design) oleh Pemkot Solo. Tahapan selanjutnya kemudian dikonsultasikan ke Kementerian PUPR dan Kementerian Perdagangan.

"DED sudah dalam proses dan akan dikonsultasikan ke Kementerian PUPR dan Kementerian Perdagangan," ujar Abdul Ghofar, Jumat (22/11).

1 dari 2 halaman

Anggaran Proyek Pasar Legi Rp150 M

Politisi PKS ini menyebut anggaran pembangunan Pasar Legi sekitar Rp150 Miliar untuk sementara. Pada proses DED nanti bisa saja ada penyesuaian-penyesuaian, termasuk besaran anggaran.

Dia memperkirakan, bulan November-Desember ini DED selesai. Sehingga proses lelang bisa dilakukan bulan Januari dan bulan Februari sudah mulai pengerjaan.

"Untuk waktu pengerjaan sekitar 8 bulan sehingga proses pembangunannya cukup untuk satu tahun anggaran," katanya.

2 dari 2 halaman

Pasar Klewer Mendapat Dana Rp 48 M

Sementara untuk pengerjaan Pasar Klewer timur, saat ini sudah ada pemenang lelangnya. Meski demikian, dari penentuan pagu awal sebesar Rp59 Miliar, saat ini turun Rp11 Miliar menjadi Rp48 Miliar.

"Ini agak mengkhawatirkan. Tergantung nanti kalau pada masa sanggah tidak ada yang menyanggah maka tanggal 27 November pengerjaannya sudah bisa dimulai. Kemungkinan sampai bulan April karena ini kan proyek 'multiyears'," katanya.

Anggota Komisi III DPRD Kota Solo dari PDIP, Honda Hendarto berharap agar pembangunan Pasar Klewer Timur bisa berjalan lancar dan dibangun sesuai jadwal.

"Karena pedagang Pasar Klewer Timur kan sudah menunggu sekian tahun. Harapannya tahun depan sudah bisa dipakai," pungkas dia. (mdk/ray)

Baca juga:
Pasar Ngunut Tulungagung Terbakar, 70 Persen Kios Hangus
Intip Keseruan Pangeran Charles Blusukan ke Pasar
Jakarta Alami Deflasi 0,04 Persen di Bulan September
Mengunjungi Kios Baru Pedagang di Rusunawa Pasar Rumput
Pengembang Bintaro Jaya Luncurkan Fresh Market Hari Ini