Dewas KPK Bentuk Tim Usut Dugaan Pelanggaran Etik Firli Bahuri Naik Heli Swasta

Dewas KPK Bentuk Tim Usut Dugaan Pelanggaran Etik Firli Bahuri Naik Heli Swasta
PERISTIWA | 25 Juni 2020 20:09 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) membentuk tim untuk menyelidiki dugaan pelanggaran kode etik dilakukan Ketua KPK Firli Bahuri saat kunjungan kerja ke Sumatera Selatan dengan menumpang helikopter. Dugaan pelanggaran kode etik itu sebelumnya dilaporkan oleh masyarakat anti-korupsi Indonesia (MAKI).

"Pengaduan itu sudah kami terima dan Dewan Pengawas KPK sudah tugaskan tim untuk melakukan identifikasi fakta-fakta lebih lanjut," ujar Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean saat dikonfirmasi, Kamis (25/6).

Firli dilaporkan oleh masyarakat anti-korupsi Indonesia (MAKI) terkait dugaan gaya hidup mewah. MAKI menduga Firli menggunakan helikopter milik swasta saat perjalanan dari Palembang menuju Baturaja.

Tumpak menyebut, dalam waktu dekat dewan pengawas akan memanggil dan memeriksa Firli Bahuri selaku teradu.

"Klarifikasi juga sudah mulai dilakukan hari ini. Karena yang diadukan adalah Ketua KPK, tentu pihak yang diadukan juga akan diklarifikasi oleh Dewas," kata Tumpak.

Tumpak menjamin akan melakukan tugas pengawasan terhadap lembaga antirasuah dengan sebaik-baiknya. Dia pun berterima kasih atas perhatian masyarakat terhadap KPK.

"Kami akan lakukan tugas pengawasan ini sebaik-baiknya. Terima kasih atas perhatian dari masyarakat untuk terus menjaga KPK agar senantiasa bergerak di rel-nya," ujarnya. (mdk/gil)

Baca juga:
Dewas KPK Didesak Segera Periksa Firli Terkait Polemik Helikopter Milik Swasta
Firli Pastikan Status Pegawai Menjadi ASN Tak Pengaruhi Independensi KPK
KPK: Program Kartu Prakerja Belum Menimbulkan Kerugian Negara
KPK Ajukan Anggaran Rp1.881 Miliar untuk 2021
Dewas Terima Laporan Ketua KPK Naik Helikopter Milik Swasta

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami