Dua Hari Kasus Covid-19 di Kalimantan Timur Terindikasi Menurun

Dua Hari Kasus Covid-19 di Kalimantan Timur Terindikasi Menurun
PERISTIWA | 2 Juni 2020 22:13 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Dua hari ini, kasus Covid-19 di Kalimantan Timur mengindikasikan penurunan. Kendati demikian, masyarakat diingatkan untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dari data hasil pemeriksaan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya, hari ini, dilaporkan hanya ada 1 kasus terkonfirmasi positif, dan 15 kasus terkonfirmasi negatif. Per Senin (1/6) kemarin, juga hanya ada 1 kasus positif Corona.

"Kesemuanya ada di kota Balikpapan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Timur Andi Muhammad Ishak, saat telekonferensi, Selasa (2/6) petang.

Pun demikian, untuk kasus orang dalam pemantauan (ODP). Meski bertambah 5 orang, namun juga mencatat banyak penambahan kasus yang selesai melewati masa pemantauan.

"Total ODP 10.154 kasus, dan selesai pemantauan bertambah 50 orang menjadi 9.616 kasus. Sekarang menyisakan 538 kasus yang masih dalam pemantauan," ujar Andi.

Namun demikian, Andi tidak hentinya terus mengingatkan warga Kalimantan Timur, terus menjalankan protokol kesehatan. "Cenderung menurun, mudah-mudahan tanda perbaikan. Namun tetap waspada, karena ada 275 kasus menunggu hasil pemeriksaan swab," tambah Andi.

Dengan demikian, lanjut Andi, per hari ini Kalimantan Timur mencatat total 297 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Dimana, 175 orang berhasil sembuh, dan 3 orang lainnya meninggal dunia. "Sedangkan yang masih dirawat 119 orang pasien. Tetap, terapkan protokol kesehatan ketat," sebut Andi.

Di samping itu, dengan beroperasinya 3 laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) di Kalimantan Timur, dimana 2 laboratorium ada di Samarinda dan 1 lab di Balikpapan, Kaltim menurut Andi, sementara ini tidak perlu lagi mengirimkan spesimen swab ke BBLK Surabaya, yang kini sudah berjumlah 275 spesimen. Pemeriksaan cukup dilakukan di ketiga laboratorium PCR itu. (mdk/rhm)

Baca juga:
Pedagang Positif Corona, 3 Pasar di Cirebon Kembali Ditutup
Ada Biaya Tambahan, Calon Jemaah Umrah Direncanakan Tetap Berangkat di September
Bertemu 8 Tokoh Lintas Agama, Jokowi Bicara Pembatalan Haji Hingga Rencana New Normal
Masuk Era Kenormalan Baru, Pemerintah Minta Pengusaha Rekrut Kembali Pekerja di-PHK
Menkes & Ketua Gugus Tugas Serahkan Bantuan APD dan Alkes kepada Pemprov Jatim
Menko Luhut: Dampak Virus Corona, GDP Negara Baru Bisa Pulih Dalam 5 Tahun

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5