Dua Kelompok Pencuri Motor di Bekasi dan Jaktim Ditangkap

Dua Kelompok Pencuri Motor di Bekasi dan Jaktim Ditangkap
PERISTIWA | 20 Februari 2020 02:04 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Subdit Ranmor Dit Reskrimum Polda Metro Jaya menangkap lima orang terkait pencurian kendaraan bermotor. Lima tersangka tersebut terbagi menjadi dua kelompok dalam melancarkan aksinya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, para pelaku tersebut melakukan aksinya di kawasan Bekasi dan Jakarta Timur dengan menggunakan senjata api.

"Ini kita masuk ke kasus curanmor pertama. Sekitar hari Sabtu lalu tanggal 8 Februari berhasil amankan 3 orang pelaku yang biasa beraksi di TKP (tempat kejadian perkara) Bekasi," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Rabu (19/2).

Yusri menjelaskan, untuk pelaku yang beraksi di kawasan Bekasi ini sudah melakukan aksinya lima kali. Mereka mengincar motor korban yang terparkir di depan rumah maupun ruko-ruko.

"Targetnya adalah rumah-rumah kontrakan yang meletakkan motor di depan rumah. Mau itu motor dikunci atau tidak itu ahlinya mereka. Dengan alat letter T, dengan perannya masing-masing ada yang pengawas, joki dan eksekusi," jelasnya.

Ia menyebut, ada tiga orang yang ditangkap dalam kelompok tersebut berinisial A, DR dan RS. Selain itu, polisi masih melakukan pengejaran terhadap satu orang lainnya yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Yusri mengungkapkan, A dan DR merupakan residivis dalam kasus yang sama. Saat keduanya ingin ditangkap polisi, mereka mencoba melawan petugas yang pada akhirnya polisi terpaksa menembak kaki tersangka.

"Kelompok yang curanmor pertama itu saat ditangkap itu ada air soft gun ini kita temukan di tersangka A. Dia bawa air soft gun sama seperti yang dilakukan pelaku lain. Kalau dilihat, seseorang ini yang mereka keluarkan untuk menakut-nakuti," ungkapnya.

Selain itu, polisi juga menangkap 2 pelaku spesialis pencuri motor lainnya yang beraksi di wilayah Jatinegara, Jakarta Timur. Keduanya diketahui atas nama inisial Y dan UH yang sudah 6 kali melakukan aksinya dalam mencuri sepeda motor dengan modus yang sama.

Rata-rata, para tersangka ini menjual motor hasil curiannya langsung kepada penadah dengan harga Rp2 hingga Rp3 juta persatu unit motor curian. Untuk motor yang diincar pelaku yaitu motor matic.

Dengan ditangkapnya para pelaku spesialis pencuri motor, Yusri menilai, DKI Jakarta masih rawan dalam tindak pidana pencurian sepeda motor.

"Di Jakarta angka curanmor tinggi. Curanmor di Jakarta ini cukup tinggi, dalam hitungan menit saja bisa ada motor yang hilang," ucapnya.

Yusri pun mengimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan kunci tambahan pada kendaraan bermotornya yang akan diparkirkan. Tak hanya itu, ia juga ingin agar masyarakat berhati-hati dalam memarkirkan kendaraannya. Karena, para pelaku akan mengincar motor yang terparkir di luar rumah.

"Tips aman sudah kita lakukan baik dari Babinkantibmas dan Kapolsek sama kita sudah sosialisasikan ke sekolah-sekolah. Tips pertama itu adalah pengamanan pribadi ke kendaraannya bagaimana menyiapkan kunci yang bagus," tuturnya.

"Berikutnya menempatkan kendaraannya agar tidak mudah dicuri pelaku, karena pelaku pencuri rata-rata mencuri di depan rumah, di depan toko-toko yang ada. Ini yang harus disiapkan pemilik kendaraan bermotor," sambungnya.

Tak hanya itu, Yusri menyarankan agar masyarakat bisa memasang alat GPS di kendaraannya. Hal itu agar motor yang diambil oleh para pelaku pencurian dapat terdeteksi keberadaannya.

"Sekarang banyak teknik-teknik, menyiapkan GPS yang ada untuk roda 2. Kalau hilang nanti bisa tahu posisi dimana," pungkasnya.

Atas perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP. Para tersangka terancam hukuman penjara selama 7 tahun. (mdk/eko)

Baca juga:
2 Siswi SD dan SMP Curi Sepeda Motor Tetangga untuk Keliling Kota
Pura-pura Karaoke, Komplotan Pencuri di Kebumen Gasak Motor
48 Kali Beraksi & Selalu BAB di Rumah Korban, 3 Pelaku Curanmor Berjimat Ditangkap
Berhenti Kerja, Karyawan Lepas di Kalteng Bawa Kabur Motor Perusahaan
100 Kali Beraksi, Pasutri Spesialis Curanmor Ditangkap Polisi
Motor Driver Ojek Online Dicuri di Depan Rumah di Bekasi, 2 Pelaku Anak di Bawah Umur

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami