Dua Kurir 100 Kg Ganja Dituntut Penjara Seumur Hidup

PERISTIWA | 20 Februari 2019 19:57 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Dua warga Aceh Timur, Sahudin (28) dan Asnan Ruhdi (20) dituntut hukuman penjara seumur hidup. Keduanya dinyatakan bersalah mengirim 100 kilogram ganja dari Aceh ke Medan. Tuntutan terhadap Sahudin dan Asnan disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Aisyah Setiawati di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (20/2).

Dia menyatakan kedua pria itu telah melakukan perbuatan yang diatur dan diancam dengan Pasal 114 (2) jo Pasal 132 (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, karena telah menjadi perantara dalam jual beli narkotika golongan I tanaman dengan berat lebih dari 1 kilogram.

"Meminta agar majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini menghukum terdakwa dengan pidana penjara seumur hidup," kata Aisyah di hadapan majelis hakim yang diketuai Irwan Effendi.

Seusai mendengarkan tuntutan, majelis hakim menunda sidang. Terdakwa dan penasihat hukumnya diberi kesempatan untuk menyampaikan pembelaan pada pekan depan.

Sahudin merupakan warga Dusun Ketibung, Desa Bunin Kecamatan Serba Jadi, Aceh Timur. Sementara Asnan Ruhdi beralamat di Desa Rampah, Serba Jadi, Aceh Timur.

Keduanya ditangkap di SPBU Sei Semayang, Jalan Medan Binjai Km 12,8, Sunggal, Deli Serdang, Jumat (3/8/2018) sekira pukul 01.00 Wib. Mereka kedapatan membawa 4 karung plastik berisi 100 kilogram ganja. (mdk/ray)

Baca juga:
BNN Musnahkan 1,5 Hektare Lahan Ganja di Indrapuri Aceh
Sarwin Tanam Ganja di Lahan Perhutani Sejak Desember 2018
3 Tersangka Tanam Ganja di Lahan Perhutani Sekitar Waduk Jatiluhur
Ladang Ganja Seluas 1,5 Hektare Ditemukan di Purwakarta
Butuh Penelitian Panjang untuk Teliti Manfaat Ganja bagi Kesehatan

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.