Dua Pencuri Bermodus Ganjal ATM di Tangerang Dibekuk Polisi

Dua Pencuri Bermodus Ganjal ATM di Tangerang Dibekuk Polisi
PERISTIWA | 9 April 2020 03:00 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Polisi membekuk 2 tersangka J dan Y, pencuri modus ganjal anjungan tunai mandiri (ATM), di rumah kontrakannya, Pasir Gadung, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang. Polisi terpaksa menembak dua pelaku karena berusaha melarikan diri saat akan ditangkap.

"Saat akan ditangkap, keduanya mencoba melarikan diri dan melawan petugas. Sehingga terpaksa kami lakukan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kaki tersangka," kata Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary di Mapolresta Tangerang, Rabu (8/4).

Dari hasil pemeriksaan, keduanya merupakan spesialis pencurian ganjal ATM. Tersangka J berprofesi sebagai sekuriti di salah satu perusahaan di Tangerang. Sedangkan tersangka Y, berprofesi sebagai sopir angkutan kota.

Dalam setiap aksi kejahatannya, pelaku dapat menguras isi ATM korban berkisar Rp700 ribu hingga Rp14 juta. Keduanya, sudah beraksi sejak awal tahun 2019.

Dari pengakuan tersangka, kedua pelaku kawakan ini berbagi peran dalam setiap kali aksi kejahatan yang dilakukan. Tersangka J bertugas mengantre di belakang calon korban yang akan mengambil uang di ATM.

Karena mesin ATM sudah terganjal tusuk gigi, kartu ATM korban tersangkut. Sehingga uang dan ATM tidak dapat diambil.

"J ini perannya mengatre di mesin ATM, dia kemudian menghapalkan PIN dari kartu ATM korban yang tersangkut. Sedangkan tersangka Y, berperan menyiapkan peralatan seperti tusuk gigi, cotton bud dan gergaji besi," terang Ade.

1 dari 1 halaman

Saat korban meninggalkan lokasi, para tersangka melancarkan aksinya menguras isi ATM korban. Dengan mengambil kartu ATM yang tersangkut dan menguras dengan PIN ATM korban yang sudah dihapal.

Ade mengimbau, masyarakat agar berhati-hati saat mengalami gangguan di mesin ATM. Masyarakat diminta mewaspadai orang-orang yang ingin menawarkan bantuan dan tidak meninggalkan lokasi ATM sebelum kartu ATM kembali dipegang.

"Bila ada gangguan, kartu ATM tersangkut, jangan tinggalkan lokasi. Segera hubungi sekuriti atau hubungi saudara. Jangan tinggalkan lokasi bila kartu ATM belum dipegang," tandas Ade. (mdk/ray)

Baca juga:
Kantor Jasa Pengiriman Barang di Jakarta Utara Dibobol Maling
Seorang Pelajar SMA di Tasikmalaya Curi Mobil Mantan Kapolda Jabar
Komplotan Pencuri Satroni Minimarket di Ciamis, Gasak Uang Rp20 Juta & 2 Slop Rokok
Jejak Sadis Geng Teras di Depok
Garong Pembunuh Pedagang Kelontong di Depok Ditangkap, 2 Pelaku Ditembak Mati

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami