Dua pesan Jokowi saat lantik Tito Karnavian jadi Kapolri

Dua pesan Jokowi saat lantik Tito Karnavian jadi Kapolri
PERISTIWA | 13 Juli 2016 15:09 Reporter : Rizky Andwika

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo resmi melantik Jenderal Tito Karnavian menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang memasuki masa pensiun. Usai melantik, Jokowi menitipkan dua pesan yang harus dikerjakan Tito sebagai Kapolri.

"Dalam hadapi tantangan semakin berat, saya minta fokus pada dua hal. Pertama, jaga kesatuan dan kekompakan internal Polri. Dengan itu, ada fondasi kokoh dan kuat," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/7).

Hal kedua, Jokowi meminta kepada Tito Karnavian agar mampu melakukan reformasi Polri secara menyeluruh dan konsisten. Jokowi menyatakan reformasi Polri merupakan kunci menghadapi masa depan.

"Reformasi menyeluruh dari hulu hingga hilir. Mulai dari perubahan mental dan perilaku anggota Polri. Perbaiki kualitas pelayanan sehingga lebih mudah, bebas pungli, dan prosedur jelas," tegasnya.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar Tito Karnavian dapat memberantas praktik mafia hukum, sehingga dapat memberi jaminan kepastian hukum yang bersih di tanah air serta dapat pula meminimalisir dari ancaman bagi keamanan negara terutama dari aksi terorisme.

"Lakukan langkah pencegahan terhadap setiap potensi, terutama terorisme," tegas Jokowi. (mdk/bal)

Baca juga:

Tito & Budi Gunawan salam komando, seisi Istana tepuk tangan

Jokowi pasang tanda jenderal bintang empat di bahu Tito Karnavian

Presiden Jokowi resmi lantik Tito Karnavian jadi Kapolri

Usai dilantik, Tito akan dimintai nama calon Kepala BNPT baru

Prihatin bom Solo, orang ini bawa pesan khusus buat Kapolri baru

Presiden lantik Kapolri Tito Karnavian di Istana siang nanti

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami