Dua Resort Terbakar di Pulau Maratua, Kerugian Miliaran

PERISTIWA | 21 September 2019 16:31 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Dua resort di Pulau Wisata Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, terbakar pagi tadi. Selain resort, 1 unit ekskavator juga ikut terbakar. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu. Kerugian ditaksir miliaran rupiah.

Keterangan diperoleh merdeka.com, peristiwa itu terjadi sekira pukul 06.30 Wita. Api terlihat oleh warga kampung Payung-payung yang melintas di depan resort yang terbakar.

"Warga yang melihat itu, awalnya lihat ada kepulan asap dari salah satu bangunan resort," kata Kapolsek Maratua Iptu Gideon Tarigan, dikonfirmasi merdeka.com, Sabtu (21/9) sore.

Pengelola resort PT Maratua Blue Resort bersama warga, kemudian melakukan pemadaman dengan peralatan terbatas. "Tapi mereka tidak sanggup, karena api semakin membesar, dan lapor ke kami," ujar Tarigan.

"Kami koordinasi bersama pihak Bandara Maratua, untuk mendatangkan 1 mobil pemadam. Jadi, kami, Koramil Maratua dan warga, membantu mengangkut air menggunakan pikap," tambah Tarigan.

Diterangkan Tarigan, baru sekitar 2,5 jam kemudian, api baru berhasil dipadamkan. "Padam sekitar jam 9 pagi tadi. Yang terbakar, 2 resort beserta alat tukang, dan 1 unit ekskavator. Kerugian sekitar Rp1,4 miliar," terang Tarigan.

Dua saksi, dimintai keterangan terkait peristiwa itu. Dugaan sementara, kobaran api disebabkan puntung rokok salah satu warga, yang sedang duduk nongkrong di depan bangunan resort.

"Jadi, depan bangunan itu, jadi tempat tongkrongan karena sinyal selular HP didapat dengan bagus kalau nongkrong di situ. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu," demikian Tarigan.

Baca juga:
Kebakaran Lalap Hutan Jati di Semarang
60 Rumah di Jatinegara Terbakar, Diduga Karena Korsleting Listrik
Kondisi Ratusan Rumah di Jatinegara yang Ludes Terbakar
Ratusan Rumah di Jatinegara Jaktim Terbakar, 452 Warga Mengungsi
Gudang Kayu Jati di Sukoharjo Terbakar
Pekanbaru Tenggelam Dalam Lautan Asap

(mdk/lia)

TOPIK TERKAIT